5 Postur Tubuh Ini Buruk Bagi Kesehatan

Postur tubuh memberikan pengaruh yang sangat besar bagi kesehatan tubuh. Postur tubuh yang buruk tentu memberikan efek negatif pada tubuh dan sebaliknya. Sedangkan, postur tubuh sendiri terbentuk akibat kebiasaan yang secara sadar atau tidak sering kita lakukan. 

5 Postur Tubuh Ini Buruk Bagi Kesehatan

Ada 5 postur tubuh yang kurang baik bagi kesehatan tubuh kita. Kelima postur tubuh ini tak hanya tak sehat, namun juga membuat penampilan menjadi lebih buruk. Berikut ini 5 postur tubuh yang buruk bagi kesehatan.  
1. Bungkuk
Postur tubuh bungkuk ini terjadi akibat kebiasaan duduk dalam posisi yang salah atau tidak tegak. Akibatnya, posisi tulang belakang membentuk huruf C (melengkung). 

Postur tubuh ini buruk bagi kesehatan karena menyebabkan otot punggung melemah sehingga sering mengalami nyeri pada leher, bahu dan punggung. Segera perbaiki postur bungkuk ini dengan cara yoga atau olahraga lain dan memperbaiki kebiasaan duduk Anda.

2. Bahu membulat
Postur tubuh ini terjadi karena kebiasaan buruk saat mengetik atau sesi latihan yang melibatkan otot dada. Gejala pada postur ini hampir sama dengan postur bungkuk. Postur ini dapat diatasi dengan latihan yang rutin. 

3. Pronasi Kaki
Pronasi kaki yaitu kondisi kaki melengkung karena pergelangan kaki menekuk ke dalam atau ke luar. Kondisi ini seringkali dialami oleh orang yang menderita obesitas atau dalam keadaan hamil. Efek bagi kesehatan yang sering dirasakan yaitu nyeri di bagian lutut, pinggang dan pinggul. 

4. Anterior Pelvic Tilt
Anterior Pelvic Tilt yaitu panggul miring ke depan sehingga perut terlihat menonjol keluar. Kondisi ini diakibatkan kebiasaan duduk dalam waktu lama tanpa peregangan sehingga mengencangkan pinggul fleksor. Postur ini sangat mengganggu penampilan saat berdiri maupun berjalan. 

5. Kepala terdorong ke depan
Postur ini diakibatkan kebiasaan duduk membungkuk di kursi sambil menatap monitor dalam waktu lama. Kondisi ini dapat menyebabkan sesak otot pada leher belakang dan otot punggung bagian atas. Postur ini juga sangat terlihat mengganggu penampilan Anda. Cobalah untuk latihan menganggukkan kepala setiap hari. 

Postur tubuh yang buruk tidak hanya buruk bagi kesehatan, namun juga mengganggu penampilan Anda. Segera hentikan kebiasaan penyebab postur buruk tersebut dan lakukan latihan peregangan untuk memulihkan kondisi normal.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top