5 Makanan Penetralisir Nikotin Dalam Tubuh

Nikotin adalah salah satu kandungan rokok yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Nikotin memiliki sifat adiktif yang menyebabkan Anda sulit lepas dari ketergantungan rokok. Selain itu, nikotin juga merusak tubuh dengan meningkatkan tekanan darah secara mendadak dan merusak paru-paru. 


Efek merusak nikotin semakin hari akan semakin meruak tubuh jika Anda tak berhenti merokok. Saat Anda berhenti merokok, nikotin masih akan tertinggal dalam tubuh dan berangsur-angsur luruh dalam beberapa hari. Untuk meminimalisir kerusakan di dalam tubuh, Anda perlu mengonsumsi makanan yang bisa menetralisir nikotin. Makanan ini penting sebagai nutrisi pengganti yang bisa mengurangi dampak nikotin. Berikut ini beberapa makanan tersebut. 

Makanan yang mengandung Vitamin C

Faktanya, perokok aktif mengalami penurunan kadar vitamin E hingga 45%. Vitamin E ini berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi kerusakan sel akibat kandungan rokok. Untuk melindungi penurunan vitamin E ini maka kita perlu banyak mengonsumsi vitamin C. Mengonsumsi 1000 mg vitamin C dapat melindungi kehilangan vitamin C dalam tubuh. Kolaborasi vitamin C dan E efektif memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Vitamin C banyak ditemukan pada buah dan sayuran seperti brokoli, jeruk, stroberi dll, sedangkan vitamin E banyak ditemukan pada makanan seperti telur, sereal biji-bijian, dll

Makanan yang mengandung Vitamin A

Perokok aktif juga mengalami pengikisan kadar vitamin A dalam tubuh. Padahal vitamin A ini berfungsi untuk melindungi paru-paru dari infeksi. Kekurangan vitamin A akibat rokok dapat menyebabkan kerusakan paru-paru yang memicu kanker. 

Oleh sebab itu, penting untuk mengurangi resiko tersebut dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A. Makanan kaya vitamin A banyak ditemukan pada dari produk berbahan dasar susu (keju, mentega, butter) dan telur.

Bawang Putih

Bawang putih juga merupakan makanan yang baik bagi perokok. Bawang putih memiliki khasiat detoksifikasi yang merangsang produksi enzim detoks di hati. Enzim ini penting untuk menyaring residu toksin (racun) dari kandungan rokok. Selain itu, bawang putih juga bisa membersihkan dan menurunkan lemak dalam darah dan ampuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Teh Hijau

Jika biasanya para perokok selalu ditemani dengan kopi, maka selipkan dengan minum teh hijau.Teh hijau bersifat sebagai antioksidan, khususnya catechin yang dapat meningkatkan fungsi hati sebagai pembersih racun. Selain itu, teh hijau juga efektif menurunkan kolesterol dan mengurangi peradangan.

Air Putih

Air putih dapat melancarkan proses detoksifikasi dan membantu menghilangkan ketergantungan perokok terhadap nikotin. Minum air dalam jumlah banyak akan mengurangi keinginan untuk merokok. Minumlah minimal 8 gelas perhari untuk perokok aktif agar proses detoksifikasi dalam tubuh berjalan lancar.

Makanan dan minuman diatas akan sangat terasa membantu mengurangi efek merusak yang ditimbulkan oleh nikotin dalam tubuh. Pelan-pelan kurangi ketergantungan nikotin dengan mengurangi intensitas merokok. Alihkan pada makanan dan minuman yang sehat dan lakukan pola hidup seaht.

Artikel Media Kita Lainnya :

1 comments:

  1. syaa sudah berhenti merokok 3 bulan,.hhehe, biasanya minum air putih sama vit C untuk jaga badan tetap fit..karena biasanya ada efek dari tubuh setelah kita mulai berhenti merokok

    ReplyDelete

Scroll to top