5 Makanan yang Bikin Susah Tidur

Tidur yang baik adalah tidur dalam jumlah waktu yang cukup dan dengan kualitas yang baik. Tidur yang baik tidak hanya membuat tubuh segar kembali namun juga mampu mengembalikan stamina seluruh organ tubuh untuk beraktivitas. Tidur dengan kualitas yang baik hanya bisa didapat saat tidur kita terlelap tanpa adanya gangguan.

5 Makanan yang Bikin Susah Tidur

Untuk memperoleh kualitas tidur yang baik, kita harus menyingkirkan segala macam gangguan saat tidur. Salah satu ancaman gangguan saat tidur berasal dari makanan yang kita kosumsi. Ada beberapa makanan yang tidak dianjurkan dikonsumsi pada malam hari karena dapat membuat kita susah tidur bahkan mengganggu saat kita sedang tidur. Nah, berikut ini 5 makanan yang bisa mengganggu tidur kita. 

1. Brokoli dan Kembang kol

Sayuran memang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, sayuran persilangan seperti brokoli dan kembang kol memiliki kandungan serat yang tak mudah larut. Ahli gizi holistik dari Los Angeles, Elissa Goodman mengungkapkan bahwa banyak mengonsumsi sayuran tersebut sebelum tidur membuat tidur menjadi tidak optimal. Serat yang tak mudah larut membuat tubuh tetap bekerja untuk mencerna meskipun disaat tidur.

2. Saos Tomat

Saos tomat tidak hanya mengandung vitamin C, zat besi, dan antioksidan, lycopene yang baik untuk jantung namun juga memiliki kandungan asam. Kandungan asam inilah yang dapat menyebabkan rasa mulas dan menyebabkan gangguan pencernaan di malam hari. Oleh karena itu, dianjurkan mengonsumsi saos tomat setidaknya tiga jam sebelum tidur.

3. Dark Chocholate

Dark Chocholate tidak hanya mengandung antioksidan namun juga mengandung kafein. Kandungan kafein pada coklat inilah yang menyebabkan seseorang susah tidur. Bahkan, semakin gelap coklat maka kandungan kafeinnya semakin tinggi. Selain itu, coklat ternyata juga memiliki kandungan tirosin dan asam amino yang dapat memicu kondisi susah tidur. 

4. Daging Merah

Daging merah memang kaya akan protein yang baik bagi tubuh. Namun, daging merah seperti pada daging sapi dan kambing ini membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna di dalam tubuh. Resikonya jika dikonsumsi pada malam hari, tubuh akan bekerja lebih keras untuk mencerna padahal sudah waktunya untuk tidur.

5. Makanan Pedas

Menghindari makanan pedas di malam hari adalah hal yang bijak. Pasalnya, makanan pedas menyebabkan suhu tubuh naik dan menyebabkan masalah pencernaan seperti rasa mulas dan tidak nyaman. Kondisi ini tentu akan mengganggu waktu tidur. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi makanan pedas tidak pada malam hari.

Lima makanan diatas, sejatinya merupakan makanan yang kaya akan nutrisi dan gizi yang tinggi. Namun yang perlu diperhatikan adalah waktu makannya. Sebaiknya tidak dikonsumsi pada malam hari agar tidak mengganggu kuantitas maupun kualitas tidur Anda.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top