7 Makanan Bagi Penderita Kolesterol

Kolesterol merupakan penyakit yang ditimbulkan oleh tidak terkontrolnya kadar lemak dalam tubuh. Sehingga beresiko menyebabkan penyakit stroke, serangan jantung dan hipertensi. Salah satu cara untuk menjaga kadar kolesterol tersebut adalah dengan memilih makanan yang baik bagi penderita kolesterol. Jika penderita kolesterol disiplin untuk memilih makanan yang dianjurkan dan menghindari makanan yang dilarang, maka penderita kolesterol tak perlu khawatir kadar lemaknya akan meningkat. Nah, berikut ini ada 7 makanan yang dianjurkan bagi penderita kolesterol.

7 Makanan Bagi Penderita Kolesterol

1. Makanan Berserat Tinggi
Salah satu makanan berserat tinggi yang paling dianjurkan adalah oatmeal atau bubur gandum. Oatmeal mengandung serat larut yang dapat mengurangi lemak jahat dalam tubuh. Serat larut juga dapat ditemukan pada kacang merah, pisang, apel. pir dan buah prune. 

2. Minyak Nabati
Minyak nabati dapat ditemukan pada minyak kanola, minyak bunga matahari dan minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung antioksidan potensial yang dapat menekan kolesterol jahat tanpa menganggu kadar kolesterol baik. Anda dapat mengkombinasikan minyak nabati pada bentuk sajian makanan. 

3. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti almond, walnut dan kenari sangat baik bagi penderita kolesterol. Kacang-kacangan mengandung asam lemak tak jenuh ganda yang mampu menurunkan kolesterol dan baik bagi kesehatan pembuluh darah. 

4. Ikan
Ikan yang baik bagi penderita kolesterol adalah ikan yang mengandung asam lemak omega 3 seperti ikan kembung, sarden, tuna dan salmon. Tidak hanya dapat menurunkan kolesterol jahat, kandungan omega 3-nya juga baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan resiko terjadinya pembekuan darah.

5. Kedelai dan Olahannya
Mengkonsumsi kedelai atau olahannya seperti tahu, tempe dan susu kedelai 25 gr per hari dapat menurunkan kolesterol jahat sebanya 5-6%. Hal ini karena kandungan isoflavon yang berfungsi sebagai zat penekan kolesterol jahat dalam tubuh.

6. Teh Hijau
Teh hijau mengandung theanine yang bermanfaat untuk meningkatkan kolesterol baik dan menghambat pembentukan kolesterol jahat. Anda dapat megnkonsumsi 4 cangkir teh hijau tanpa gula untuk mendapatkan manfaat terebut. Selain teh hijau, Anda juga dapat mengkonsumsi teh hitam yang dapat menurunkan kolesterol jahat hingga 10% dalam 3 minggu.

7. Buah dan Sayuran
Buah dan sayuran yang baik bagi penderita kolesterol adalah buah yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Buah yang baik yaitu alpukat, anggur, tomat, delima, jambu biji, mangga dan buah berry lainnya. Sedangkan sayuran yang baik yaitu wortel, bayam, brokoli, paprika, wortel, dan labu.

Selain mengkonsumsi makanan yang baik bagi penderita kolesterol, Anda juga harus berusaha semaksimal mungkin untuk menghindari makanan yang dapat memicu naiknya kadar kolesterol. Makanan yang harus dihindari yaitu :
  • Daging berlemak
  • Kulit ayam
  • Kulit bebek
  • Makanan bersantan
  • Mentega
  • Goreng-gorengan
  • Kue dan biskuit
Kolesterol darah normal adalah kurang dari 5 mmol/l. Jika kolesterol berada diantara 5 dan 6,5 mmol/l, Anda dapat menurunkannya dengan melakukan diet. Sedangkan, jika kolesterol lebih tinggi dari 6,5 mmol/l Anda dapat meminum obat sekaligus menyesuaikan diet.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top