10 Tips Cegah Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan kanker yang paling banyak menyerang kaum wanita. Kanker merupakan kondisi sel yang tidak terkendali sehingga mengalami pertumbuhan yang tidak normal. Kanker payudara menyerang sel-sel pada payudara. Kanker payudara disebabkan oleh banyak faktor. Faktor yang paling umum yaitu gaya hidup yang kurang baik. Oleh karena itu, salah satu cara mencegah kanker payudara paling ampuh yaitu dengan mengupayakan gaya hidup yang sehat. 

10 Tips Cegah Kanker Payudara

Selain itu, setidaknya ada 10 tips mencegah kanker payudara terjadi pada diri Anda atau keluarga tercinta. Berikut 10 tips cegah kanker payudara.

1. Menjaga Berat Badan
Menjaga berat badan tetap pada kondisi ideal termasuk ke dalam salah satu cara yang paling awal dilakukan. Menurut salah satu penelitian, wanita yang memiliki berat lebih dari 80 kg memiliki risiko 25% lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang memiliki berat badan ideal. Untuk menjaga hal tersebut, ada baiknya wanita yang memiliki berat badan diatas normal untuk melakukan diet sehat.

2. Olahraga Secara Teratur
Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika olahraga merupakan senjata yang ampuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh melawan penyakit. Dalam hal kanker payudara, olahraga memiliki peranan dalam menurunkan tingkat sirkulasi estrogen dalam tubuh. Olahraga juga mengaktifkan fungsi syaraf dan otot untuk mencegah kanker payudara.

3. Hentikan Kebiasaan Buruk
  • Hindari Minuman Alkohol
  • Minuman beralkohol dapat meningkatkan resiko kanker payudara. Hal ini dikarenakan alkohol dapat meningkatkan kadar hormon estrogen, salah satu hormon yang dapat mempercepat pertumbuhan sel kanker payudara
  • Berhenti Merokok
  • Rokok sudah terbukti memiliki berjuta racun yang dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit, salah satunya kanker payudara. Menghindari mengkonsumsi rokok dan menjauhi asap rokok merupakan salah satu tindakan pencegahan yang harus dilakukan.
4. Melahirkan Anak (di bawah 30 Tahun)
Wanita yang melahirkan anak di bawah usia 30 memiliki resiko terkena kanker payudara lebih rendah. Selain itu, hamil di usia 30 tahun ke bawah juga memiliki pengaruh positif untuk mengurangi resiko kehamilan.

5. Menyusui 
Menyusui merupakan kegiatan yang sangat mulia dan tidak hanya bermanfaat bagi anak namun juga bagi ibu. Wanita yang menyusui diektahui memiliki resiko lebih kecil dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah menyusui. Hal ini dikarenakan keterkaitan antara menyusui dan kestabilan hormon estrogen dalam tubuh.

6. Hindari Radiasi
Beberapa studi menyebutkan bahwa resiko kanker payudara meningkat seiring dengan radiasi saat pubertas atau ketika payudara sedang terbentuk. Resiko ini meningkat jika radiasi sinar X dilakukan di dada saat wanita berusia kurang dari 20 tahun.

7. Hindari Terapi Hormon Pasca Menopause
Terapi hormon pasca menopause dapat meningkatkan resiko kanker payudara jika dilakukan dalam waktu yang panjang. Kombinasi terapi hormon estrogen dan progestin dapat meningkatkan risiko terkena kanker pada payudara. 

8. Hindari Konsumsi Pil KB
Pil KB ternyata tidak hanya memiliki manfaat di dalam tubuh kita namun juga resiko dibaliknya. Salah satunya yaitu kandungan estrogennya yang bisa menjadi pemicu terjadinya kanker payudara. Wanita yang menggunakan pil KB memiliki resiko kanker payudara lebih tinggi. 

9. Screening Payudara Jika Usia Sudah > 50 Tahun
Wanita yang memiliki usia diatas 50 tahun cenderung mengalami resiko kanker payudara lebih besar. Oleh karena itu, screening payudara sangat membantu untuk menghindari terkena kanker payudara.

10. Tips Lain
Selain cara diatas, banyak sekali tips yang beredar di masyarakat meskipun belum diuji detail kebenarannya. Namun, tidak ada salahnya untuk diterapkan selama tidak ada efek negatif yang ditimbulkannya. 
  • Hindari lingkungan yang terpapar bahan kimia
  • Hindari menggunakan bra ketat
  • Konsumsi makanan yang bergizi, serat dan buah buahan yang kaya vitamin.
  • Hindari penggunaan deodoran
  • Hindari aborsi
  • Diet rendah lemak
  • Hindari bekerja pada malam hari.
Kanker payudara merupakan ancaman bagi kaum wanita. Oleh karena itu, mengenali kanker payudara dan melakukan pencegahan sedini mungkin adalah solusi terbaik. 

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top