7 Gaya Hidup Tidak Sehat yang Sering Dilakukan

Salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan kita adalah gaya hidup kita sendiri. Orang yang memiliki gaya hidup sehat cenderung akan memiliki kesehatan yang lebih baik, begitu juga sebaliknya. Namun, kadang kita sering tidak menyadari bahwa gaya hidup yang kita lakukan itu tidak baik dan bisa merugikan kesehatan kita sendiri. Gaya hidup yang telah menjadi kebiasaan sehari-hari memang sulit diubah. Meskipun kita sudah tau dampaknya bagi kesehatan kita. Butuh pemahaman dan pengalaman agar kita berusaha berubah gaya hidup tidak sehat menjadi gaya hidup sehat. Setidaknya ada 7 gaya hidup tidak sehat yang masih sering kita lakukan sehari-hari. Berikut ketujuh hal tersebut.

7 Gaya Hidup Tidak Sehat yang Sering Dilakukan

1. Buang Sampah Sembarangan
Buang sampah sembarang tempat mungkin sudah menjadi hal yang tidak asing lagi. Kesadaran pentingnya lingkungan yang sehat kurang manjadi perhatian serius bagi kita. Sampah yang terbuang di sembarang tempat dapat menjadi sarang penyakit dan juga menyebabkan banjir. Oleh karena itu, jangan heran jika banyak penyakit bertebaran di sekitar kita akibat membuang sampah sembarangan. 

2. Malas Mandi
Mandi pada dasarnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan tergantung aktivitas harian kita. Di Indonesia, secara umum kita mandi dua kali sehari, pagi dan sore hari. Sebelum beraktivitas dan setelah beraktivitas. Mandi tak hanya menyegarkan badan dan membuat nyaman namun juga membersihkan segala macam kototran yang menempel pada tubuh. Oleh karena itu, jika kita memiliki kebiasaan malas mandi maka selain badan tidak segar, juga akan memicu penyakit kulit dan penyakit lainnya yangmenempel di badan. 

3. Malas Sikat Gigi
Sikat gigi merupakan salah satu bentuk perawatan gigi kita. Idealnya menyikat gigi dilakukan 3 kali sehari, setelah makan dan sebelum tidur. Rajin menyikat gigi tak hanya membuat gigi menjadi kuat sehingga pencernaan lancar namun juga menghilangkan bau dan bakteri jahat yang ada di mulut. Orang yang malas menggosok gigi akan merasakan sakitnya sakit gigi yang lebih sakit daripada sakit hati.

4. Tidak Mencuci Tangan Sebelum Makan
Mencuci tangan sebelum makan mungkin harusnya menjadi hal yang wajib kita lakukan. Tangan yang menyentuh benda apapun pasti akan terkontaminasi debu, kotoran maupun bakteri. Mencuci tangan sebelum  makan melindungi diri kita dari penyakit yang bisa masuk melalui pencernaan. Sehingga mencegah kita dari diarem sakit perut dan penyakit lainnya.

5. Memakai Pakaian Kotor Sampai Berulang Kali
Pakaian seharusnya sering dicuci setelah digunakan. Keringat dan debu yang menempel pada pakaian dapat membawa kuman penyakit atau menjadi sarang bakteri. Oleh karena itu, ganti pakaian Anda setelah gunakan dan cuci hingga bersih. Pakaian yang dipakai terus tanpa dicuci dapat menyebabkan iritasi, penyakit kulit, jerawat pada tubuh dan penyakit lainnya. 

6. Buang Air Sembarangan
Pada masa sekarang ini telah banyak berdiri toilet-toilet umum sehingga seharusnya sudah tidak ada lagi orang yang buang air sembarangan. Namun, ternyata masih ada juga yang memiliki kebiasaan tidak sehat seperti ini. Buang air tanpa membersihkannya dapat menjadi sarang penyakit tidak hanya bagi organ vitalnya namun juga bagi lingkungannya. 

7. Merokok
Merokok adalah kebiasaan tidak sehat yang sudah diketahui resikonya namun masih saja banyak yang melakukannya. Merokok tidak hanya menimbulkan dampak negatif bagi pemakai namun lebih besar pada  orang sekitar yang menghirupnya. Nampaknya kebiasaan merokok di masyarakat kita sudah sampai pada tingkat akut yang sulit disadarkan kecuali merasakan sendiri akibatnya.

Gaya hidup tidak sehat yang sering kita lakukan ternyata tidak hanya berdampak bagi diri kita sendiri namun juga berpengaruh pada kesehatan orang lain. Oleh karena itu, ubah gaya hidup Anda yang tidak baik ini tidak hanya untuk membuat Anda jauh lebih sehat namun juga untuk orang terdekat dan lingkungan yang lebih sehat juga. Tentu kita tidak ingin orang kesayangan terdekat kita mendapat dampak yang buruk dari perilaku kita bukan?

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top