5 Bahan Alami Untuk Mengatasi Malaria

Malaria merupakan penyakit yang ditularkan melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi parasit bernama plasmodium. Plasmodium ini berkembang biak di hati dengan menginfeksi sel darah merah. Akibatnya jika tidak segera ditangani maka bisa semakin parah dan berujung kematian. Penyakit ini paling banyak terjadi di daerah subtropis seperti di daerah selatan Sahara di Afrika dan Papua Nugini di Oceania. Berdasarkan data di dunia, penyakit malaria membunuh satu anak setiap 30 detik. Sekitar 300-500 juta orang terinfeksi dan sekitar 1 juta orang meninggal karena penyakit ini setiap tahunnya. 90% kematian terjadi di Afrika, terutama pada anak-anak.
5 Bahan Alami Untuk Mengatasi Malaria

Penderita malaria biasanya merasakan gejala-gejala seperti sakit kepala, mual, muntah, diare, batuk, kejang-kejang, badan panas dingin, menggigil, demam tinggi, gelisah dan berkeringat secara berlebihan seiring menurunnya suhu tubuh. Selain obat-obatan kimia, malaria juga bisa disembuhkan dengan beberapa bahan alami berikut ini. 

1. Buah anggur
Buah anggur ternyata memiliki kandungan zat kina yang merupakan zat alami yang ampuh untuk mengobati penyakit malaria. Selain itu, buah anggur juga memiliki banyak kandungan antioksidan seperti antosianin, flavonol, geraniol,linalol, nerol dan tannin yg baik bagi pertahanan tubuh atas serangan berbagai jenis penyakit.

2. Jus jeruk
Jus jeruk kaya akan vitamin C, mengandung magnesium, asam folat, kalium, thiamin, karotenoid, fitonutrien dan vitamin B6. Kandungan ini dapat berfungsi sebagai pertahanan terbaik untuk melawan beberapa penyakit dan anti inflamasi yang memiliki sifat penyembuhan sehingga bisa menjadi pereda panas pada penderita malaria. 

3. Daun pepaya
Daun pepaya memiliki rasa pahit yang disebabkan oleh kandungan senyawa alkaloid karpainnya. Zat ini sangat ampuh digunakan sebagai penurun deman, mereduksi tekanan darah dan membunuh mikroba seperti amuba. Selain itu, daun pepaya berfungsi untuk membantu pengaturan asam amino dan mengeluarkan racun tubuh.

4. Kayu manis
Kayu manis mengandung bahan kimia berupa minyak atsiri, safrole, eugenol, kalsium oksalat, sinamaldehide, tanin, damar, dan zat penyamak yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan untuk mengatasi berbagai macam keluhan penyakit. Sebagai obat malaria Anda dapat mencampurnya dengan madu dan perasan jeruk nipis untuk mendapatkan hasil yang optimal.

5. Daun kemangi
Daun kemangi mengandung sejumlah senyawa penting seperti senyawa 1-8 sineol, zat arigin, senyawa anetol, zat flavonoid, boron, stigmasterolnya, eugenol, betakaroten, magnesium dan zat triptofan. Berbagai senyawa ini dapat meningkatkan respon antibodi untuk melawan berbagai jenis penyakit termasuk malaria. 

Penyakit malaria umumnya berada di area subtropis dengan perantara nyamuk. Oleh karena itu, langkah terbaiknya adalah jaga rumah Anda dari sarang-sarang nyamuk dengan menjaga kebersihan lingkungan. Lindungi diri Anda dan sekeluarga dengan makanan yang bergizi dan vitamin yang lengkap agar kekebalan tubuh terjaga. Jika Anda terdeteksi gejala malaria sebaiknya segera konsumsi kelima bahan alami diatas sebelum mengkonsumsi obat-obatan kimia. 

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top