4 Tips Merawat Telinga yang Benar

Telinga merupakan salah satu organ tubuh manusia yang memiliki fungsi vital. Telinga tak hanya berfungsi untuk mendengar namun juga menjaga keseimbangan tubuh. Manusia dilahirkan dengan dua buah telinga yang memiliki tiga bagian penting yaitu telinga luar, telinga tengah dan teliga dalam. Ketiga bagian itu memiliki keterkaitan fungsi sehingga kita harus merawat ketiga bagian tersebut dengan baik dan benar. Semakin ke dalam organ telinga, semakin sensitif pula areanya sehingga kita harus berhati-hati ketika membersihkannya. Merawat telinga merupakan upaya terpenting dalam menjaga kesehatan dan fungsi telinga. Berikut ini 4 tips merawat telinga dengan benar yang dapat Anda praktekkan di rumah.

4 Tips Merawat Telinga yang Benar

1. Hindari Mengorek Telinga
Telinga bagian dalam merupakan area yang sangat sensitif. Membersihkan telinga dengan mengorek-ngorek bagian dalam sangat beresiko menimbulkan luka. Luka ini sangat berbahaya jika sampai mengenai gendang telinga. Tentu hal ini bisa membuat pendengaran Anda berkurang. Oleh karena itu, hindari mengorek telinga, sesekali bersihkan saja dengan kapas yang sangat lembut dengan perlahan-lahan. 

2. Membersihkan Bagian Luar
Salah satu kemampuan telinga untuk membersihkan dirinya yaitu dengan mendorong kotoran ke bagian luar telinga. Oleh karena itu, bersihkan bagian luar saja lebih sering. Bagian luar yang dimaksud adalah bagaian daun telinga dan rongga luar. 

3. Check Up Rutin 
Melakukan check up secara rutin berapa bulan sekali juga penting untuk merawat kesehatan telinga Anda. Dokter akan membersihkan dan memberikan saran yang baik untuk kesehatan telinga Anda. Hal ini juga baik untuk mengetahui kondisi bagian dalam telinga Anda yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. 

4. Perawatan Tidak Berlebihan
Tips terakhir yaitu agar melakukan perawatan yang tidak berlebihan atau dapat Anda lakukan sendiri setiap hari. Caranya dengan membasuh telinga setiap kali Anda mandi lalu keringkan dengan handuk yang halus agar tidak melukai kulit. Selain itu, ubah kebiasaan menggunakan headset dengan voleme yang kencang secara terus menerus untuk mempertahankan kepekaan pendengaran.

Pada prinsipnya telinga memiliki perlindungan diri dari kotoran yang masuk dengan adanya serumen khusus untuk menyaring berbagai kotoran yang masuk. Selain itu, serumen itu juga berfungsi untuk melindungi diri dari kemungkinan seranggga yang masuk ke dalam telinga. Sehingga melakuka perawatan telinga memang hanya untuk membantu merawat telinga agar berfungsi secara optimal. 

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top