4 Buah Penurun Kolesterol Dalam Tubuh

Kolesterol pada dasarnya merupakan salah satu zat yang memiliki fungsi penting pada tubuh. Kolesterol merupakan lemak yang terdapat dalam aliran darah atau sel tubuh yang berperan dalam pembentukan dinding sel dan bahan baku beberapa hormon. Kolesterol dalam jumlah yang tepat sangat berguna dan dibutuhkan. Namun, jika kadar kolesterol dalam tubuh melebihi kadar yang seharusnya maka dapat beresiko mengakibatkan penyakit seperti hipertensi, stroke dan serangan jantung.


4 Buah Penurun Kolesterol Dalam Tubuh

Begitu bahayanya maka kita harus waspada dengan mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Menurut data WHO, sekitar 35% penduduk Indonesia memiliki kolesterol yang lebih tinggi dari kadar normal. Kolesterol yang berlebihan dalam tubuh ini dapat dikurangi dengan makanan yang tepat. Oleh karena itu, pemilihan makanan yang dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh penting diketahui. Termasuk 4 buah penurun kolesterol dalam tubuh berikut ini.

1. Tomat
4 Buah Penurun Kolesterol Dalam Tubuh

Tomat memang buah yang memiliki banyak fungsi, termasuk untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Caranya pun cukup mudah yaitu dengan membuat jus tomat dan mengkonsumsinya 2 gelas setiap hari. Lakukan dalam beberapa waktu hingga Anda merasakan tubuh menjadi lebih nyaman. Tomat dapat menurunkan kadar kolesterol secara signifikan.

2. Blueberry
4 Buah Penurun Kolesterol Dalam Tubuh
Buah yang enak rasanya ini juga ampuh menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Bluberry memiliki kandungan pterostilbene yang dapat menurukan kolesterol. Konsumsi blueberry secara langsung atau dengan dibuat menjadi jus.

3. Alpukat
4 Buah Penurun Kolesterol Dalam Tubuh
Alpukat mengandung lemak tak jenuh yang dapat menyehatkan tubuh. Rutin mengkonsumsi alpukat yang dibuat menjadi jus efektif menurunkan kadar kolesteol dalam tubuh. Hal ini dibuktikan dengan sebuah studi yang menemukan penurunan kadar kolesterol sebanyak 17% pada peserta yang meningkatkan makan alpukat selama satu minggu. Para peneliti mempercayai hal ini disebabkan oleh beta sitosterol yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

4. Delima
4 Buah Penurun Kolesterol Dalam Tubuh
Menurut penelitian di American Journal of Clinical Nutrition, antioksidan dalam buah delima dapat mengurangi oksidasi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Dengan kandungan tersebut, buah delima mampu mengurangi penumpukan kolesterol serta meningkatkan oksida nitrat sehingga mengoptimalkan pengurangan plak arteri. Anda dapat mengkonsumsi buah delima setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Keempat buah-buahan diatas, selain memiliki rasa yang enak juga manfaat yang besar sebagai penurun kolesterol dalam tubuh. Sehingga mengkonsumsi buah-buahan tidak akan membebani sperti kita mengkonsumsi obat-obatan kimia. Selain itu, buah-buahan tidak akan menimbulkan efek samping yang merugikan kesehatan.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top