8 Makanan Penyebab Masalah Pada Pencernaan

Masalah pada pencernaan memang bisa muncul karena berbagai faktor. Salah satu faktor penting yang dapat memicu masalah pada pencernaan adalah makanan yang kita konsumsi. Pemilihan makanan yang kurang baik dan sehat dapat menimbulkan masalah pada pencernaan. Oleh karena itu, kita harus tahu jenis-jenis makanan yang dapat menimbulkan masalah pada pencernaan. Berikut ini beberapa makanan penyebab masalah pada pencernaan yang harus Anda waspadai.

8 Makanan Penyebab Masalah Pada Pencernaan

1. Makanan yang digoreng
Makanan yang digoreng dan mengandung lemak yang tinggi dapat memicu masalah pada pencernaan seperti diare. Apalagi jika digoreng menggunakan minyak daur ulang atau yang berkali-kali dipakai. Hal ini akan memicu masalah yang lebih serius. Oleh karena itu, kurangi makanan yang digoreng atau berminyak secara berlebihan.

2. Buah jeruk
Buah jeruk memang mengandung vitamin C yang tinggi. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan usus bagi sebagian orang. Konsumsilah secara wajar dan berhentilah jika pencernaan Anda mulai merasa mual. 

3. Gula buatan
Gula buatan biasanya banyak terdapat pada permen atau permen karet yang mengandung sorbitol. Terlalu banyak mengkonsumsi gula buatan dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare atau kram. Hal ini dikarenakan sorbitol tidak dapat dicerna oleh tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya hindari permen dengan gula buatan atau makanan yang mengandung gula buatan.

4. Makanan berserat
Makanan berserat seperti sayuran dan biji-bijan memang disarankan untuk dikonsumsi karena baik bagi pencernaan. Namun, jika terlalu banyak dikonsumsi bisa mengakibatkan kembung dan timbul gas. Oleh karena itu, sesuaikan kebutuhan serat oleh tubuh secara wajar. Jika Anda merasa kekurangan serat, maka tambahlah porsi serat Anda secara bertahap. 
 
5. Kacang-kacangan dan golongan kubis (kol)
Kacang-kacangan, kubis dan brokoli mengandung gula yang sulit dicerna oleh tubuh. Meskipun memiliki kandungan yang baik bagi tubuh namun sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak. Berikan waktu pada pencernaan untuk mencerna kacang-kacangan tersebut. 

6. Fruktosa
Fruktosa merupakan pemanis makanan seperti pada permen, jus buah, kue-kue manis dan lain sebagainya. Makanan dengan fruktosa juga sulit dicerna oleh tubuh. Oleh karena itu, konsumsinya pun harus dijaga agar tidak menimbulkan diare, kembung atau kram pada pencernaan.

7. Makanan Pedas
Makanan pedasa memang dapat memicu nafsu makan. Namun, bagi sebagian orang, makanan pedas dapat berdampak pada masalah kesehatan seperti perut mulas, atau diare. Oleh karena itu, jika Anda tidak terbiasa dengan makanan pedas, hindari mengkonsumsinya. 

8. Susu Produk
Ada sebagian orang yang memiliki tubuh tidak toleran dengan laktosa pada susu produk. Hal ini dapat memicu diare, kembung dan masalah usus. Jika Anda menderita hal seperti itu setiap mengkonsumsi susu produk maka lebih baik hentikan dan pilih susu yang lainnya.

Tidak semua orang memiliki kemampuan yang sama dalam sistem pencernaannya. Sebaiknya kenali hal-hal yang dapat memicu masalah pada pencernaan Anda kemudian pilih makanan yang aman dan nyaman bagi diri Anda. Hal ini tentu lebih bijak karena Anda tetap dapat memenuhi nutrisi pada tubuh tanpa harus memicu masalah pada pencernaan Anda.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top