Jangan Langsung Mandi Setelah Olahraga!

Jangan langsung mandi setelah olahraga! Mungkin ini adalah ajnuran yang paling tepat untuk menjawab pro kontra yang terjadi berkaitan dengan mandi setelah olahraga. Menurut  spesialis kedokteran olahraga, dr. Michael Triangto, SpKO, setelah berolahraga maka pembuluh darah dalam tubuh akan melebar karena proses pengeluaran panas dari dalam tubuh. Jika suhu kulit panas maka suhu di dalam tubuh sebenarnya akan lebih panas. Langsung mandi setelah berolahraga akan menyebabkan pembuluh darah kembali seperti semula sehingga mengakibatkan pengeluaran panas dari dalam tubuh menjadi terhambat. 

Lalu, kapan waktu mandi yang baik setelah berolahraga?
Waktu yang baik untuk mandi setelah berolahraga yaitu sekitar 30 menit setelah berolahraga, atau 30 menit setelah peregangan (pendinginan). Dalam waktu tersebut tubuh akan mengalami penetralan suhu tubuh. Sesuatu yang ekstrem di dalam tubuh biasanya akan menimbulkan penyakit, minimal rasa tak nyaman. Akan tetapi, jika air untuk mandi tidak terlalu panas atau netral, otomatis akan membutuhkan waktu lebih singkat untuk menetralkan suhu di dalam tubuh. Selain itu, langsung mandi dengan air panas pun ternyata juga tidak baik. Harus diingat bahwa tubuh membutuhkan penyesuaian. Karenanya, Anda disarankan untuk mandi dengan suhu air yang hangat, sesuai dengan kondisi tubuh.

Jika jeda waktu kurang lebih 30 menit ini Anda terapkan sebelum mandi maka mandi yang Anda lakukan akan memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh Anda. Nah, berikut manfaat yang bisa Anda dapat dengan mandi setelah jeda 30 menit dari olahraga.
  • Penyembuhan otot : Penelitian menunjukkan bahwa mandi air dingin setelah olahraga bisa meningkatkan proses penyembuhan otot dan menurunkan rasa sakit pada otot yang baru saja dipakai berolahraga. 
  • Mengurangi Lemak : Untuk menjaga suhu tubuh selama mandi air dingin, metabolisme tubuh meningkat sampai 550 persen dari kadar istirahatnya. Ini artinya, tubuh membakar kalori hanya untuk menjaga tubuh tetap hangat.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh : Meningkatkan suplai antioksidan yang kuat bernama glutathione pada tubuh. Ini adalah jenis antioksidan yang berfungsi melindungi tubuh dari penyakit dan menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Sumber gambar by google.com

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top