Tips Sehat Olahraga di Malam Hari

Telah menjadi kebiasaan di masyarakat kita bahwa waktu olahraga yang paling baik adalah pagi hari. Pagi hari, udara tentu lebih segar dan terdapat paparan sinar matahari yang menyehatkan. Akan tetapi tentunya hal ini tidak berlaku jika kita memiliki rutinitas kesibukan yang sangat padat di pagi hari. Malam hari menjadi waktu yang sangat memungkinkan jika kita memiliki kesibukan seperti itu. Olahraga di malam hari akan jauh lebih baik daripada tidak melakukan olahraga sama sekali. Namun, tentu olahraga di malam hari tidak boleh dilakukan sembarangan seperti pada pagi hari. Ada beberapa catatan yang harus diperhatikan agar olahraga di malam hari menyehatkan.

Tren berolahraga di malam hari terlihat dengan semakin meningkatnya jumlah pengunjung tempat-tempat kebugaran. Kesibukan di jam kerja memang memaksa sebagian orang untuk memanfaatkan waktu di malam hari demi menjaga stamina tubuhnya agar tetap bugar. Meskipun manfaat yang dirasakan dari olahraga di malam hari tidak jauh berbeda dengan manfaat olahraga di pagi, siang, maupun sore, namun olahraga di malam hari tetap memberikan efek yang tidak biasa bagi tubuh. Berikut beberapa tips yang patut diperhatikan agar olahraga di malam hari menjadi semakin bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

1.  Apabila paginya bekerja dan pulang malam hari, sebaiknya tidak melakukan olahraga. 
Karena, hal itu akan mengganggu waktu istirahat karena menjadi sulit untuk tidur. Misalnya pulang malam lalu olahraga jam 10 atau jam 11, badan masih segar nanti sulit tidur. Adrenalin naik, suhu tubuh juga naik sehingga menyebabkan susah tidur. Olahraga malam hari tidak disarankan terlalu malam atau mengganggu waktu tidur, karaena dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda. 

2. Efek bagi tubuh
Jika kita pertama kali melakukan olahraga di malam hari akan ada efek yang dirasakan. Efek yang dirasakan adalah susah tidur, gelisah, stres, sampai tubuh menjadi panas. Karena tidak semua tubuh orang cocok melakukan olahraga di malam hari. Efek ini akan berangsur hilang jika kita telah terbiasa melakukan olehraga di malam hari. 

3. Tidak langsung tidur
Selesai berolahraga, Anda pun sebaiknya tidak langsung tidur. Karena, setelah berolahraga, suhu tubuh kita naik dan badan menjadi lebih segar. Bagi yang belum terbiasa berolahraga malam, butuh waktu sekitar 2 jam sampai rasa rileks dan rasa kantuk datang. Maka dari itu, atur waktu olahraga paling tidak 3 jam sebelum waktu tidur normal.

4. Pemanasan dan pendinginan
Olahraga malam hari juga harus dengan pemanasan terlebih dahulu. Lalu ketika selesai lakukan pendinginan dan peregangan. Karena, kalau kita memforsir tubuh untuk berolahraga, bisa timbul ‘kejutan-kejutan’ yang mempengaruhi jantung. 

5. Durasi olahraga
Olahraga pada orang dewasa direkomendasikan paling sedikit 150 menit dalam lima hari atau 30 menit per hari. Jika tak banyak cukup waktu, olahraga boleh saja dilakukan secara bertahap dalam satu hari. Misalnya, 10 menit pagi hari dan sisanya pada siang, sore atau malam hari. 

6. Waktu yang tepat
Biasanya, temperatur tubuh dan hormon mengalami level puncak pada pukul 18.00. Nah, jika kita berolahraga satu jam setelah itu, daya tahan tubuh yang kita dapat lebih maksimal.

7. Isi perut
Jangan sampai berolahraga dalam keadaan perut kosong. Jika yang kita makan mengandung protein, serat, dan lemak, tunggu hingga empat jam sebelum berolahraga. Tapi jika kita hanya makan makanan ringan, seperti buah-buahan atau biskuit, kita hanya perlu menunggu dua jam sebelum berolahraga.

8. Better indoor workout
Olahraga malam lebih baik dilakukan di dalam ruangan, misalnya berlatih di pusat kebugaran seperti fitness center, futsal, badminton. Selain karena angin malam kurang baik untuk kesehatan, kadar karbon dioksida di malam hari jauh lebih besar. Kalau sedang malas keluar rumah, kita bisa berolahraga dari depan TV. Putar saja video senam dan tinggal mengikuti gerakannya. 

9. Satu jam saja
Tak perlu waktu lama untuk berolahraga, apalagi bagi yang belum terbiasa melakukannya di malam hari. Satu jam saja sudah bisa memberi efek bagus. Setelah terbiasa, durasi olahraga bisa kita tingkatkan.

Mulailah membiasakan diri dengan olahraga. Anda dapat melakukannya kapanpun. Waktu paling paik adalah pagi hari, namun malam hari pun tetap baik bagi kesehatan. Berolahraga, dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi kecemasan. Bahkan, bisa jadi olahraga di malam hari dapat membantu kesulitan tidur seperti insomnia. Asal dilakukan dengan benar dan intensitasnya sesuai dengan kapasitas tubuh. Semoga bermanfaat. 


Sumber gambar by google.com

Artikel Media Kita Lainnya :

1 comments:

  1. ide yang sangat baik telah telah anda bagikan disini, dari sini saya bisa mendapatkan pengalaman baru yang sangat berharga. segala sesuatu yang ada di sini saya akan membuat sumber referensi, terima kasih teman-teman.

    Vimax Asli Vimax Asli

    ReplyDelete

Scroll to top