Dahsyatnya Manfaat Renang Bagi Kesehatan Tubuh

Anda bisa berenang? Anda suka berenang? Bersyukurlah, karena banyak sekali manfaat yang bisa di peroleh dari olahraga yang satu ini. Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang melibatkan seluruh peran anggota tubuh. Mulai dari kepala, badan, tangan, kaki hingga pernafasan. Karena melibatkan banyak sekali organ tubuh, olahraga ini dapat memberikan efek yang baik bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa  manfaat renang bagi kesehatan tubuh.

1. Menjaga tekanan darah tetap stabil.
Berenang membuat peredaran darah lancar sehingga tekanan darah pun tetap terkontrol. 

2. Mengatasi masalah otot
Mengatasi masalah punggung dan pinggang, khususnya gerakan dalam gaya kupu-kupu. 

3. Melatih fleksibilitas
karena menggunakan banyak otot, terutama otot paha, betis, lengan, dan bahu. Tidak hanya fleksibel tapi juga lebih kuat.

4. Relaksasi. 
Bermain dengan air akan membuat Anda relaks.  Serupa dengan yoga, selama berenang terjadi peregangan dan relaksasi otot-otot yang disertai dengan teknik pernapasan yang berirama. Itulah sebabnya berenang dapat membantu menghindari gejala stres.

5. Membentuk dan menguatkan otot
Kepadatan air lebih besar 12 kali lipat daripada udara, membuat setiap gerakan tubuh di air seolah melewati hambatan. Hal inilah yang menjadikan renang mempunyai intensitas sama seperti aerobik. Selain itu, berenang secara cepat dengan ritme yang teratur dapat meningkatkan tiga hal: Ketahanan kardio, kekuatan, dan ketahanan otot. 

6. Meningkatkan kesehatan jantung
Efisiensi jantung memompa darah ke seluruh tubuh dapat meningkat dengan berenang secara rutin. Penelitian dari Columbia University Medical Center menemukan, berenang dapat melawan risiko terkena penyakit jantung koroner. 

7. Membakar kalori
Hanya dengan berenang selama setengah jam, Anda dapat membakar 200-300 kalori, tergantung intensitas dan gaya yang Anda lakukan. 



Sumber gambar by google.com

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top