11 Kolaborasi Makanan Yang Sebaiknya Dihindari

Memvariasikan makanan mungkin adalah cara terbaik agar asupan nutrisi yang kita makan juga beraneka ragam. Beberapa makanan mungkin memang melengkapi vitamin atau nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Namun, yang perlu Anda ketahui ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak Anda konsumsi secara bersamaan. Kolaborasi makanan yang tidak sesuai dapat membuat Anda bermasalah dengan sistem pencernaan atau penyerapan nutrisi ke dalam tubuh. Tentu, Anda tidak mengharapkan bukan, setelah kita makan malah berdampak buruk pada tubuh kita. Nah, untuk itu sebaiknya Anda tidak menggabungkan beberapa makanan seperti dijelaskan dibawah ini.


1. Cuka dan daging
Cuka adalah makanan yang “hangat” dan daging adalah makanan yang panas “panas”. Ketika Anda mengkonsumsi kedua makanan ini bersamaan, maka sirkulasi dan energi tubuh akan meningkat secara tajam. Hal inilah yang akan mengakibatkan masalah pada jantung.

2. Teh dan Kepiting
Minum teh setelah makan kepiting akan akan menyebabkan gangguan percernaan. Hal ini karena cairan lambung Anda akan menjadi encer karena kedua makanan tersebut. Selain itu, kemampuan lambung untuk mensterilkan juga akan menurun.

3. Vitamin C dan Udang
Mengkonsumsi kedua makanan ini dengan bersamaan akan menyebabkan Anda beresiko untuk terkenap penyakit serius, bahkan kematian. Udang yang bereaksi dengan vitamin C bisa menghasilkan racun arsenik.

4. Coklat dan Susu
Coklat yang mengandung asam oksalat dan susu yang mengandung kalsium akan menghasilkan kalsium asam oksalat. Senyawa ini tidak akan diserap oleh tulang, tidak larut dalam air, menyebabkan kulit kepala kering kering dan kusam, bahkan diare.

5. Makanan Laut dan Buah
Gabungan antara makanan laut dan buah akan menyebabkan masalah pencernaan seperti diare, mual, sakit perut ataupun perut kembung. Hal ini karena buah-buahan mengandung asam tanat, yang akan mengendap dan membekukan protein yang berasal dari makanan laut. 

6. Sayur Bayam dan olahan Kedelai (tahu-tempe)
Dapat menyumbat perut dan mengganggu pencernaan jika dikonsumsi secara bersamaan.

7. Makanan berminyak dan Minuman dingin
Minum air dingin setelah makan makanan yang berminyak akan membekukan makanan yang baru dikonsumsi. Effectnya dapat mempersempit saluran usus.

8. Produk Susu dan Kedelai, Brokoli, Bayam
Produk susu seperti yoghurt, es krim, dan sebagainya juga perlu diwaspadai saat dimakan bersama brokoli, kedelai, dan bayam. Karena, saat olahan susu bertemu dengan makanan tersebut, akan memberi efek negatif dalam proses metabolisme kalsium dari produk susu.

9. Telur dan Susu Kedelai
Telur adalah makanan kaya protein. Sedangkan, susu kedelai mengurangi kinerja enzim protease. Jika dikonsumsi bersama, tubuh tidak bisa mengolah semua protein dari telur karena keterbatasan aktivitas protease.

10. Buah Pir dan Kepiting
Buah pir adalah makanan yang bersifat dingin, makan bersama dengan kepiting yang bersifat dingin , akan melukai limpa lambung, mengakibatkan pencernaan buruk. Demikian halnya setelah makan kepiting juga tidak cocok segera minum air es, makan es krim atau minuman dingin lainnya, bila tidak, akan menimbulkan diare.

11. Daging Kambing dan Kepiting
Daging kambing bersifat panas, sedangkan daging kepiting bersifat dingin. Apabila dikonsumsi secara bersamaan, tidak saja akan mengurangi fungsi memperkuat dan menghangatkan dari daging kambing, namun juga akan mengganggu limpa lambung. 



Sumber gambar by google.com

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top