Brazilian Jiujitsu, Cocok Untuk Wanita dan Olah Tubuh

Brazilian jiujitsu merupakan perkembangan dari teknik-teknik Japanese Jiujitsu yang dikembangkan oleh keluarga Gracie di Brazil yaitu Carlos Gracie dan Helio Gracie. Brazilian jiujitsu memiliki prinsip bahwa 95% pertarungan di jalan (street fighting) akan berujung pada pertarungan jarak rapat (clinch) dan akan berakhir dilantai (groundfighting). Oleh karena itu, Brazilian Jiujitsu akan selalu diakhiri dengan berbagai macam teknik submission (teknik kuncian atau cekikan). Teknik Brazilian Jiujitsu juga telah terbukti dapat mengalahkan lawan yang jauh lebih besar dengan mengandalkan teknik daripada kekuatan. Itulah mengapa teknik Brazilian jiujitsu ini sangat cocok diterapkan untuk kaum wanita.
Di Indonesia, kepopuleran Brazilian Jiujitsu ini dipelopori oleh Deddy Wigraha pada tahun 1998. Menurutnya, brazilian jiujitsu ini merupakan beladiri yang sangat baik karena dapat diterapkan tidak hanya untuk kaum pria saja, akan tetapi wanita pun bisa belajar beladiri ini untuk pencegahan pemerkosaan (rape prevention). Selain itu berlatih Brazilian jiujitsu sangat baik bukan hanya untuk self defense, tetapi baik juga untuk olah tubuh. Brazilian jiujitsu sangat ampuh untuk membuat tubuh fit dan membentuk tubuh yang ideal. Berikut beberapa manfaat yang didapatkan dengan berlatih brazilian jiujitsu.

Meningkatkan Stamina
Dalam Brazilian Jiujitsu seluruh anggota tubuh dimanfaatkan untuk bergerak sehingga otomatis akan meningkatkan kebugaran. Sistem metabolisme tubuh pun akan bekerja lebih baik dan membuat daya tahan tubuh meningkat, sehingga Anda tidak mudah sakit. 

Melatih Mental Fokus
Brazilian Jiujitsu banyak menggunakan teknik yang membutuhkan latihan khusus. Berlatih perpaduan teknik pukulan, tendangan, kuncian, dan bantingan secara bersamaan membutuhkan fokus dan keterampilan khusus. Karena itu, semakin sering berlatih maka mental fokus Anda akan semakin baik. 

Membakar Lemak
Satu kali sesi latihan Brazilian Jiujitsu selama dua jam dapat membakar lebih dari 700 kalori. Cocok untuk wanita-wanita yang ingin memiliki tubuh langsing. Jika dilakukan secara konsisten maka akan membuat tubuh menjadi langsing dan ideal. 

Mengencangkan Otot
Brazilian Jiujitsu memiliki banyak teknik dan gerakan sehingga melibatkan hampir semua anggota tubuh. Gerakan-gerakan pemanasan atau gerakan untuk menguatkan otot-otot, seperti berlari, sit up, push up, berjalan jongkok yang dilakukan dalam olahraga ini juga berguna membuat otot lebih kuat. Karena itu, beladiri ini sangat efektif melatih kekuatan seluruh otot tubuh, terutama otot perut dan paha. 

Mengurangi Stres 
Pada dasarnya Brazilian Jiujitsu merupakan latihan kardio yang banyak menguras keringat. Senyawa endorphin yang dilepaskan saat berlatih dapat memunculkan rasa senang yang berguna melepaskan segala energi negatif dan menghilangkan stres.

Melatih Fleksibilitas Tubuh
Brazilian jiujitsu berfokus pada kuncian di lantai yang mengandalkan kecepatan gerak untuk melumpuhkan lawan. Oleh karena itu, teknik ini dapat melatih Anda dalam meningkatkan fleksibilitas tubuh. 

Menguasai bela diri
Berbeda dengan seni bela diri yang lain, Brazilian Jiujitsu akan mengajarkan Anda bagaimana memanfaatkan kekuatan lawan untuk melumpuhkannya. Bukan sekadar menggunakan kekuatan otot untuk membuat lawan babak belur.

Menambah keberanian
Dengan berlatih Brazilian Jiujitsu dengan baik, otomatis akan menambah kemampuan beladiri Anda. Secara tak langsung proses ini menumbuhkan rasa berani dalam diri Anda, terutama dalam mempertahankan diri dari kejahatan. 

Nah, dari manfaat diatas jelas jika Brazilian Jiujitsu sangat baik bukan hanya untuk self defense, tetapi baik pula untuk olah tubuh. Pastikan juga Anda berlatih secara rutin, paling tidak untuk tiga bulan pertama, karena Brazilian Jiujitsu berbeda dengan jenis beladiri lain. Fokusnya pada pertarungan di bawah, membuat beladiri ini harus dipelajari berulang-ulang. Semoga bermanfaat.


Sumber gambar by google.com

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top