[Fakta] Manfaat Daging Kambing Bagi Kesehatan

Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban identik dengan olahan makanan serba kambing atau sapi. Sebagian besar orang menganggap tak ada masalah mengkonsumsi daging sapi. Namun, bagaimana dengan kambing? Sebagian orang ada yang tidak mau mengkonsumsi daging kambing dengan berbagai alasan. Ada yang karena bau atau karena takut menimbulkan dampak negatif bagi tubuh. Ketakutan mengkonsumsi daging kambing, biasanya akibat dari ketidaktahuan dari manfaat daging kambing yang sebenarnya. Berikut beberapa manfaat daging kambing bagi kesehatan.

1. Mengandung Vitamin
Daging kambing mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan tubuh diantaranya zat besi, kolin, selenium dan vitamin B. Vitamin B berperan dalam membantu pembakaran lemak. Kolin berperan untuk menangkal penyakit kanker. 100 gr daging kambing mengandung 154 kalori, 3,6 mg lemak jenuh dan 9,2 mg lemak. 

2. Menyembuhkan Penyakit Malaria
Kandungan empedu pada kambing dapat menyembuhkan penyakit malaria. Bahkan konon ahli pengobatan Cina berpendapat empedu kambing sama baiknya dengan empedu ular. Cara mengkonsumsi empedu untuk malaria dengan menelan mentah-mentah tanpa dimasak.

3. Mengontrol Berat Badan
Daging kambing memiliki kandungan lemak yang rendah sehingga berat badan dapat terjaga walaupun menyantap daging kambing. Kandungan kalori dan protein daging kambing yang tinggi membuat rasa kenyang lebih lama sehingga dapat membantu Anda yang sedang menjalani diet.

4. Mencegah Anemia 
Kandungan zat besi yang tinggi dalam daging kambing dapat membantu mencegah anemia. Anemia rentan menyerang wanita dalam keadaan subur. Mengkonsumsi daging kambing dapat mereduksi penyakit anemia. 

5. Meningkatkan Seksualitas Pria
Daging kambing dipercaya dapat meningkatkan seksualitas pria. Bagian kambing yang sering dicari untuk manfaat ini adalah torpedo kambing dan empedu kambing. Torpedo kambing dapat dikonsumsi dengan cara disate atau dimasak. 

Efek samping
Terlalu banyak mengkonsumsi daging kambing tentunya membawa efek samping. Sama seperti efek pada makanan lainnya. Kadar "terlalu" memang selalu tidak baik bagi kesehatan. Berikut beberapa efek jika kadar yang Anda konsumsi berlebihan.
1. Obesitas
Mengkonsumsi daging secara berlebihan pastilah berdampak pada obesitas. Protein yang terlalu tinggi yang diterima tubuh membuat Anda berpotensi obesitas. Atur jumlah konsumsi daging Anda. "JANGAN BERLEBIHAN".

2. Hipertensi, kolesterol, ginjal dan jantung
Jika mengkonsumsi daging kambing terlalu sering juga tidak baik untuk tubuh. Terlalu sering mengkonsumsi daging kambing maka akan mengakibatkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Selain itu juga akan mengganggu fungsi organ yang lain seperti ginjal dan jantung. Atur waktu untuk mengkonsumsi daging kambing. "JANGAN KESERINGAN".


Nah, demikian ulasan singkat manfaat dari daging kambing. Jangan takut untuk mengkonsumsi daging kambing. Hanya ada 2 hal yang perlu diperhatikan, "JANGAN BERLEBIHAN dan JANGAN KESERINGAN". Diluar hal diatas jika Anda dalam keadaan sehat maka mengkonsumsi daging kambing secara proporsional menjadikan tubuh Anda sehat. 



sumber gambar by google.co.id

    Artikel Media Kita Lainnya :

    0 comments:

    Post a Comment

    Scroll to top