Resiko Tidur Pagi dan Sore Hari

Dalam keadaan normal, waktu terbaik manusia untuk tidur adalah malam dan siang hari. Namun, sebagian orang mungkin sering melakukan tidur pada pagi dan siang hari. Pagi hari dinilai keadaan yang sangat tepat karena kondisi lingkungan yang sunyi dan dingin. Begitu pula sore hari dimana keadaan tubuh leleah setelah beraktivitas seharian. Pada dasarnya tidak ada hukum haram untuk tidur di dua waktu tersebut karena hukumnya mubah. Namun, ada beberapa peringatan agar tidak tidur di waktu tersebut. Secara kesehatan ada beberapa resiko yang dapat kita rasakan jika kita terbiasa tidur dalam dua waktu tersebut, yaitu : 


Jam biologis terganggu
Secara normal waktu tidur manusia adalah malam dan siang hari. Tidur pada sore hari dikhawatirkan membuat malam susah untuk memejamkan mata sehingga tidur larut malam atau dikhawatirkan sukar tidur. Jika tidur telalu malam maka dikhawatirkan pagi hari menjadi tidak bersemangat dan letih kurang tidur jika anda harus beraktivitas di pagi harinya. 

Mimpi buruk
Pada pagi dan sore hari terjadi perpindahan suasana dari tenang menjadi ramai. Dari dingin menjadi sedikit panas. Perpindahan suasana secara perlahan ini jika tidak dibarengi dengan ritme tidur maka dapat menyebabkan perpindahan suasana tubuh yang akhirnya dapat menyebabkan mimi buruk. Maka tak jarang orang yang tidur pagi dan sore mengalami mimpi buruk.

Masalah Metabolisme
Tidur tidak pada waktunya membuat ritme tubuh berubah. Perubahan ritme tubuh ini akan berdampak pada perubahan sistem metabolisme tubuh. Tubuh  akan merasa lapar dalam waktu yang lama sehingga proses metabolisme meningkat. Hal ini dapat meningkatkan bobot tubuh anda. 

Lesu
Setelah tidur tubuh memerlukan waktu untuk memulai sistem secara normal. Tidur pagi dan sore membuat tubuh lebih lama dalam merespon sistem secara normal, maka wajar jika kita bangun agak siang atau bangun petang cenderung merasa lesu dan malas.

Sakit kepala
Tidur di pagi atau sore hari sangat rentan dengan bangun secara tiba-tiba. Perubahan suasana dapat membuat kita bangun dari tidur secara tiba-tiba. Hal ini dapat membuat kepala menjadi pusing karena sistem bangun secara mendadak dan otak belum siap menerima perubahan. 

Jadi, pada dasarnya kebutuhan tidur manusia adalah 8 jam dan berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Semaksimalmungkin hindari tidur pada pagi dan sore hari, kecuali keadaan darurat dan memaksa. Maksimalkan tidur pada malam hari dan sedikit pada siang hari agar tubuh anda dapat bekerja dan beristirahat secara baik. Hal terpenting dari tidur adalah raihlah kualitas tidur yang baik dan cukup.


sumber gambar by google.com

Artikel Media Kita Lainnya :

3 comments:

  1. thanks info nya gan,,
    ane jadi lebih tau tentang resiko tidur siang,,,

    jangan lupa kunjungan balik gan

    ReplyDelete
  2. Terima kasih banyak informasinya...

    sangat bermanfaat...

    ReplyDelete

Scroll to top