Indonesia Gudang Wisata Edukasi Dunia

Indonesia dikenal sebagai negara tropis dengan berbagai tempat wisata yang menakjubkan. Tak hanya menakjubkan, berbagai tempat wisata di Indonesia syarat dengan edukasi. Berkunjung ke tempat wisata di berbagai daerah di Indonesia tak hanya mendapatkan keindahan pemandangan, namun juga mendapatkan berbagai pelajaran dan pengalaman yang menakjubkan. Tak salah jika Indonesia dikenal sebagai gudangnya wisata edukasi di dunia. Berikut beberapa tempat wisata yang patut anda kunjungi untuk menambah pengetahuan akan peradaban dunia.

Situs Peninggalan 
Berbagai situs peninggalan banyak ditemukan di wilayah Indonesia. Beberapa diantaranya adalah situs gunung padang yang baru ditemukan dan dalam proses penelitian dan situs manusia purba di Jawa Tengah. Berwisata ke situs peninggalan kita tidak hanya ditunjukkan pemandangan yang menakjubkan bahkan kita diberikan gambaran nenek moyang kita. Bukan sekedar nenek moyang Indonesia bahkan nenek moyang dunia.
Gunung Padang
Situs gunung padang terdapat di Kab.Cianjur, Jawa Barat. Gunung padang ini berbentuk piramida punden berundak yang di perkirakan dibangun pada jaman megalitikum sekitar 5200 tahun sebelum masehi. Anda bisa membayangkan itu. Situs tertua yang dibangun dengan potongan-potongan batu yang sangat menakjubkan.

Situs Manusia Purba
Situs ini terdapat di Kab.Sragen Jawa Tengah. Dalam situs arkeologi ini ditemukan fosil nenek moyang kita, manusia. Ditemukan setidaknya 50 fosil yang diperkirakan berusia 1-1,5 juta tahun atau bahkan ada yang berjuta-juta tahun. 50 fosil yang ditemukan tersebut mewakili 50% fosil yang ada di dunia. Ingin melihat nenek moyang kita, berkunjunglah di Situs Manusia Purba Sangiran.


Candi
Candi merupakan saksi sejarah yang dibangun dengan sangat menakjubkan. Bagaimana tidak, pada jaman dahulu telah dibangun bangunan kokoh dengan bentuk yang kompleks dan tanpa perekat seperti semen atau lem. Salah satu candi terbesar di Indonesia adalah Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

Candi Borobudur
Candi Borobudur terdapat di Kab.Magelang, Jawa Tengah. Candi yang pernah berjajar sebagai 7 keajaiban dunia ini memiliki 504 patung budha, 74 stupa terawang dan 1 stupa induk. Kabarnya candi ini dibangun selama 75 tahun. 

Candi Prambanan
Candi Prambanan terdapat di Kab.Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dibangun sekitar tahun 850 Masehi. Komplekss Candi Prambanan memiliki pemandangan yang indah dengan 240 candi dan relief yang menakjubkan.

Hewan Purba
Berwisata sambil melihat sahabatnya dinosaurus di Indonesia? Ini dia jawabannya, dapat anda temukan ketika berkunjung ke Pulau Komodo.

Pulau Komodo
Pulau Komodo terletak di Kepulauan Nusa Tenggara Timur. Komodo adalah makhluk besar mirip kadal raksasa dengan memiliki panjang 2-3 m dan berat mencapai 165 kg, atau 100 kg saat perut kosong. Di Pulau Komodo ini selain anda bisa melihat langsung hewan purba anda juga dapat menikmati indahnya biota bawah lautnya.

Gunung
Indonesia kaya akan gunung-gunung aktif yang memiliki keindahan yang mempesona. Selain keindahan, kultur masyarakat di sekitar gunung-gunung di Indonesia juga merupakan fenomena yang menarik untuk dipelajari. Banyak ritual dan budaya unik yang telah dilakukan selama puluhan, bahkan ratusan tahun.

Gunung Bromo
Salah satu tempat wisata gunung yang sangat indah adalah Gunung Bromo. Gunung Bromo terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di timur kota Malang, Jawa Timur. Anda dapat menikmati keindahan sunrise, kawah dan lautan pasir, berkuda, dan yang paling menarik adalah festival masyarakat tengger atau upacara kasada.


Pantai 
Salah satu destinasi wisata yang sangat diminati yaitu pantai. Di Indonesia terdapat beragam karakteristik pantai. Ada yang memiliki pasir putih, berkilau, ada pula yang berbatu besar nan indah. Berikut dua contoh pantai indah dengan karakteristik yang berbeda.

Raja Ampat
Pantai raja ampat terdapat di Kab.Raja Ampat, Prov.Papua Barat. Anda akan disuguhi hamparan pantai dan laut yang sangat menakjubkan. Terumbu karang di laut Raja Ampat dinilai terlengkap di dunia. Dari 537 jenis karang dunia, 75 persennya berada di perairan ini. Ditemukan pula 1.104 jenis ikan, 669 jenis moluska (hewan lunak), dan 537 jenis hewan karang. Fantastis bukan?

Pantai Bangka Belitung
Salah satu keunggulan pantai di Wilayah Bangka Belitung adalah terdapat batu-batu raksasa yang tersusun secara natural. Sususan batu-batu granit itu menjadikan nilai keindahan pantai di kawasan ini menjadi sangat memukau. 

Danau 
Salah satu keajaiban alam adalah terbentuknya kawah raksasa di daratan yang disebut danau. Danau dapat terbentuk karena aktivitas alam, misalnya karena letusan gunung berapi. Besaran kawah dapat mencerminkan betapa dahsyatnya letusan guunung tersebut.

Danau Toba
Danau Toba terletak di kawasan pegunungan Bukit Barisan Propinsi Sumatera Utara. Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia. Awalnya danau ini terjadi akibat letusan gunung super dahsyat yaitu Gunung Toba sekitar 70 ribu tahun silam. Ditengah Danau Toba terbentuk Pulau Samosir yang memiliki beberapa tempat wisata yang indah. 

Goa
Goa-goa di Indonesia menyimpan berbagai sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Hampir sebagian besar digunakan sebagai tempat persembunyian yang aman. Selain itu goa ciptaan alam ini juga memiliki keunikan yang berbeda-beda. Salah satunya adalah Goa Gong.

Goa Gong
Goa Gong terletak di Pacitan, Jawa Timur. Dinamakan Goa Gong karena di dalam goa terdapat batu yang jika dipukul dapat mengeluarkan suara seperti gong. Selain itu di dalam goa anda dapat menyaksikan rangkaian stalagtit dan stalagmit yang dihiasi dengan lampu-lampu untuk menambah keindahan.

Museum 
Museum adalah tempat dikumpulkannya berbagai benda bersejarah. Berkunjung ke museum dapat membuat wawasan anda tentang berbagai hal bertambah, terutama rasa kebanggaan dan nasionalisme. Saksi-saksi sejarah terekam dalam berbagai pajangan yang ada di dalamnya. Hampir di seluruh wilayah di Indonesia tersebar berbagai museum dengan koleksi saksi sejarah. 

Museum Bung Karno
Salah satu museum yang baru didirikan di Kota Blitar, Jawa Timur adalah Museum Bung Karno. Museum ini dibangun di samping Makam Bung Karno. Berbagai peninggalan tentang founding father negara kita terdapat disini. Ingin berkunjung dan memberi penghormatan pada tokoh proklamator Indonesia? Berkunjunglah ke Museum Bung Karno.

Legenda
Indonesia terkenal dengan berbagai legenda dan tokoh yang terkenal. Tak jarang pula kisah legenda itu meninggalkan jejak agar kisah dan hikmahnya sampai pada generasi selanjutnya. Hikmah ini yang menjadi budaya yang menjaga norma dan nilai dalam masyarakat. Salah satu peninggalan legenda yang terkenal di Indonesia adalah Sangkuriang. 

Tangkuban Perahu
Tangkuban perahu terdapat di Bandung, Jawa Barat. Tangkuban perahu terbentuk dari Legenda Sangkuriang. Selain disuguhi pemandangan yang sangat indah, anda juga dapat belajar dari sejarah terbentuknya gunung tangkuban perahu. Banyak nilai moral yang dapat kita petik dari legenda tersebut. 

Seni 
Nah, selain wisata alam, ada juga wisata budaya. Banyak sekali seni dan budaya di Indonesia. Ada seni wayang, ada seni tari, ada seni pertunjukan, dan seni ritual sebuah budaya. Salah satunya adalah pagelaran wayang kulit. 

Pertunjukan Wayang Kulit
Wayang kulit merupakan pertunjukan seni yang telah ada sekitar lima abad. Selain sebagai sebuah pertunjukan wayang kulit memberikan banyak pelajaran dalam hidup dari nenek moyang kita. Pelajaran dan hikmah yang smapai sekarang masaih banyak yang relevan untuk diterapkan. Mari kita lestarrikan budaya asli Indonesia.




sumber foto : google.co.id

Artikel Media Kita Lainnya :

3 comments:

  1. mantap mas artikelnya, gaya bahasanya saya suka ya walau belum sempat saya baca sih hehehe

    ReplyDelete
  2. makasih gan... dibaca dong gan... semoga bermanfaat....
    "cintai produk-produk Indonesia"

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang benar cintai ploduk ploduk Indonesia gan seperti di iklan Maspi*n

      Delete

Scroll to top