Deteksi Kesehatan Anda Dari Kondisi Bibir

Seluruh sistem organ di dalam tubuh manusia merupakan satu kesatuan yang saling berhubungan. Jika salah satu anggota badan mengalami sakit atau kurang sehat, maka dapat diketahui dari anggota badan yang lainnya. Seringkali terjadi perubahan kondisi fisik yang terlihat saat terdapat organ yang sakit. 

Deteksi Kesehatan Anda Dari Kondisi Bibir

Salah satu organ yang dapat mendeteksi adanya penyakit di dalam tubuh yaitu bibir. Bibir akan mengalai perubahan saat tubuh mengalami penyakit. Berikut ini beberapa perubahan pada bibir sebagai alat pendeteksi adanya penyakit di dalam tubuh.

1. Bibir Luka
Jika muncul jerawat kecil yang sering berdarah pada area bibir, maka ini pertanda adanya infeksi virus herpes. Infeksi virus herpes menular. Segera periksakan diri jika Anda mengalami tanda-tanda seperti itu.

2. Bibir Pecah-Pecah di Ujung
Bibir pecah-pecah di bagian ujung menunjukkan tubuh kekurangan vitamin. Selain itu, kondisi ini juga bisa menjadi pertanda tubuh sedang stres dan adanya infeksi jamur pada tubuh. Sebaiknya, pastikan penyebab bibir pecah-pecah tersebut dan tangani secara proporsional.

3. Bibir Pucat
Jika bibir terlihat pucat, bisa menjadi pertanfa tubuh kekurangan sel darah dan kemungkinan Anda mengalami anemia. Perbanyak konsumsi sayuran hijau dan buah-buahan yang mengandung banyak zat besi. Dalam kondisi tertentu Anda dapat mengonsumsi vitamin penambah darah.

4. Bibir Kering
Saat cuaca terik dan aktivitas yang padat, tubuh kehilangan cairan dalam jumlah besar. Bibir kering menunjukkan bahwa tubuh Anda mengalami dehidrasi. Sebaiknya, minum air putih untuk memenuhi kebutuhan air Anda.

5. Bibir Berubah Gelap
Bibir berubah warna bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok dalam waktu yang lama. Umumnya kondisi ini akan menyebabkan bibir menjadi lebih gelap. Selain itu, jika tiba-tiba bibir berubah gelap dalam waktu cepat, bisa menjadi tanda adanya penyakit hati. Segera periksakan diri ke dokter terdekat.

6. Bibir Bengkak
Bibir bengkak biasanya dialami oleh mereka yang mengalami alergi internal kulit. Misalnya, pada pemakaian krim kulit yang tak sesuai atau minum obat yang memiliki efek samping alergi.

7. Nyeri Bibir
Jika Anda salah memakai produk tertentu seperti lipstik atau pasta gigi, bisa juga menimbulkan alergi. Tak hanya bibir bengkak, namun bibir terasa nyeri juga bisa menjadi tanda salah dalam menggunakan produk tertentu. Segera hentikan pemakaian dan beralih pada produk yang sesuai.

Mendeteksi kondisi kesehatan melalui bibir memang memiliki keterbatasan. Namun setidaknya, beberapa kondisi tersebut dapat kita antisipasi agar tidak menjadi potensi penyakit yang lebih besar.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top