5 Penyebab Terbentuknya Plak Gigi

Plak gigi atau dental plaque adalah lapisan tipis pada permukaan gigi yang mengandung kuman-kuman, sisa makanan dan bakteri yang bercampur dengan air liur. Plak gigi umumnya tidak berwarna atau transparan. Plak gigi bukanlah penyakit, namun bisa menjadi penyebab terjadinya lubang gigi atau penyakit gigi dan mulut lainnya. Hal ini dikarenakan plak gigi menghasilkan asam yang dapat merusak gigi. 

5 Penyebab Terbentuknya Plak Gigi

Plak gigi biasanya terbentuk setelah empat jam menyikat gigi. Plak gigi bisa timbul karena pengendapan air liur. Apalagi mulut kita juga ttidak mungkin terbebas dari bakteri. Nah, kondisi tersebut dapat diperparah dan menjadi penyebab terbentuknya plak gigi, yaitu :

1. Tak pernah periksa gigi
Memeriksakan gigi ke dokter gigi merupakan anjuran yang sering digalakkan. Setidaknya 6-12 bulan sekali untuk mengontrol kondisi gigi kita. Hal ini juga penting agar plak gigi tidak sampai terbentuk dan merusak gigi. 

2. Malas gosok gigi
Kebiasaan ini merupakan kebiasaan buruk yang harus segera ditinggalkan. Malas gosok gigi mempercepat terbentuknya plak gigi. Sehingga akan membuat gigi Anda juga cepat rusak.

3. Tidak berkumur dengan mouthwash
Berkumur menggunakan mouthwash tidak hanya membuat nafas menjadi segar namun juga mencegah terbentuknya plak gigi. Jika plak gigi Anda selalu muncul, bisa jadi karena tak pernah membiasakan diri berkumur dengan moutwash.

4. Sering makan coklat dan permen
Sebenarnya tak ada yang salah dengan makan coklat dan permen. Namun, seringkali kita makan coklat dan permen di malam hari dan tak membersihkan gigi setelahnya. Bakteri yang bercampur dengan air liur memudahkan terbentuknya plak gigi.

5. Kurang makan buah dan sayur
Buah dan sayur tidak hanya baik kandungan nutrisi dan gizinya. Namun, teksturnya yang kasar dan kandungan seratnya bisa menjadi pemebrsih gigi secara alami. 

Plak gigi memang tidak bisa dihilangkan total dari permukaan gigi. Meskipun demikian, plak gigi dapat dikurangi agar tidak terakumulasi dan merusak gigi. Apalagi samapai menimbulkan penyakit gigi dan mulut. Oleh karena itu, rajinlah merawat gigi dan hindari penyebab terbentuknya plak gigi.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top