5 Cara Ampuh Cegah Migrain

Migrain adalah sakit kepala parah yang terasa di bagian depan atau satu sisi kepala. Migrain umumnya diderita oleh orang dewasa dan didominasi oleh kaum wanita. Migrain bisa terjadi secara tiba-tiba sehingga sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. 

5 Cara Ampuh Cegah Migrain

Migrain bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti perubahan hormon, perubahan zat kimia di otak, stress, kelelahan, maupun makanan tertentu. Meskipun belum ada kepastian penyebabnya, tapi beberapa aktivitas tersebut dapat memicu terjadinya migrain. 

Migrain memang mengganggu, namun Anda dapat mencegahnya dengan beberapa cara berikut ini.

1. Jangan menunda makan
Makan bisa menjadi pemicu utama terjadinya migrain. Oleh karena itu, jangan pernah lupa atau menunda waktu makan. Luangkan sedikit waktu untuk makan ditengah kesibukan Anda sehari-hari. Jika harus menunda, usahakan tidak dalam waktu yang lama dan dampingi dengan camilan sehat.

2. Rutin olahraga
Olahraga merupakan latihan fisik yang bisa mengurangi potensi datangnya migrain. Dengan berolahraga, tubuh akan bergerak aktif sehingga segala organ di dalam tubuh bisa bekerja maksimal. Olahraga juga akan membuat Anda jauh dari stres dan kelelahan fisik karena stamina terjaga.

3. Kendalikan minuman berkafein
Minuman berkafein seperti kopi merupakan minuman yang hampir pasti menjadi jamuan rutinitas kita. Meskipun enak dan membantu merilekskan tubuh, kafein juga berpotensi mengundang datangnya migrain. Kendalikan jumlah  kafein yang Anda minum, dan mulai ganti dengan air putih atau minuman buah.

4. Hindari cahaya terang secara langsung
Cahaya terang seperti dari lampu yang mengarah ke mata secara tiba-tiba bisa menyebabkan migrain. Hal ini karena adanya perubahan cahaya yang masuk secara cepat sedangkan syaraf mata belum siap menerima.

5. Atur pola tidur
Pola tidur yang baik menghindarkan kita dari stres dan kelelahan fisik. Stres dan kelelahan fisik merupakan faktor yang dapat memicu migrain. Atur pola tidur dalam jumlah yang tepat (8 jam perhari) dan dengan kualitas yang baik.

Migrain sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Baik saat di kantor maupun saat berlibur. Mencegah datangnya migrain merupakan langkah yang tepat untuk menjaga aktivitas kita tetap prima.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top