Tanda-tanda Serangan Jantung Saat Tidur

Jantung merupakan organ vital yang berfungsi memompa dan menyebarkan darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh. Jantung dapat mengalami masalah jika aliran darah ke jantung terhambat oleh lemak. Keadaan ini yang disebut jantung koroner. Jika aliran darah ke jantung terblokir sepenuhnya, maka hal ini yang menyebabkan terjadinya serangan jantung. Serangan jantung ini dapat terjadi beberapa menit saja dan dapat berakibat sangat fatal jika tak ditangani secara benar. Penyakit ini sangat berbahaya apalagi tidak semua orang mengetahui bahwa dirinya terserang penyakit jantung. 

Tanda-tanda Serangan Jantung Saat Tidur

Salah satu serangan jantung yang sangat berbahaya dapat terjadi disaat orang sedang tidur. Serangan yang terjadi pada kondisi detak jantung dalam keadaan normal dan santai. Serangan jantung merupakan keadaan gawat yang harus segera ditangani. Beberapa menit pertama sangat penting untuk keberlangsungan hidup penderita. Beberapa kerusakan akibat serangan jantung dapat diperbaiki pada jam pertama saja. Begitu fatal akibat yang ditimbulkannya mendorong kita untuk mengenali tanda-tanda serangan jantung yang terjadi saat tidur. Beberapa tanda serangan jantung yang terjadi saat tidur diantaranya.

1. Jantung berdetak dengan cepat dan tak teratur
Saat tidur jantung detak jantung berjalan dalam kondisi normal dan teratur. Serangan jantung saat tidur ditandai dengan ketidakteraturan detak jantung yang terjadi secara tiba-tiba. Jika kondisi ini terjadi selama 5 menit maka secepatnya Anda harus melakukan pertolongan pertama atau segera mencari pertolongan. Kecepatan pertolongan sangat dibutuhkan untuk menghadapi serangan jantung.

2. Gangguan saat tidur
Salah satu tanda yang dapat terjadi ketika serangan jantung akan terjadi yaitu tidur yang terganggu. Gangguan saat tidur ini bisa berupa sering membolak-balik badan, berganti-ganti posisi tidur dan tak dapat tidur sepenuhnya. Biasanya keadaan ini terjadi akibat faktor kelelahan dan tidak terkontrolnya pola hidup yang baik. 

3. Keringat dingin pada malam hari
Ketika Anda merasakan keringat dingin pada malam hari terjadi tidak seperti biasanya maka Anda harus waspada. Jika terjadi secara terus menerus hal ini bisa menjadi salah satu indikasi Anda terserang penyakit jantung. Segera konsultasikan ke dokter untuk memastikannya dan mendapatkan solusi untuk mengatasinya. 

4. Nyeri pada dada
Nyeri pada dada dapat menjadi indikasi terkuat jika Anda menderita serangan jantung. Apabila Anda merasakan tanda seperti ini maka hal ini pada level yang berbahaya. Biasanya orang yang mengalami serangan jantung akan merasakan sesak napas dan nyeri dada saat tidur. 

Serangan jantung merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Sekitar 35% kematian di Indonesia disebabkan oleh penyakit jantung. Penimbunan lemak pada arteri jantung yang menjadi penyebab penyakit jantung dapat dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat seperti kolesterol yang tinggi, merokok, darah tinggi dll. Oleh karena itu, penting melakukan pencegahan sejak dini dengan gaya hidup sehat, makanan yang bergizi dan olahraga. 

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top