Inilah Kelebihan Air Zam-zam Dibanding Air Putih Biasa


Air zam-zam adalah air luar biasa yang terpancar di muka bumi ini. Air yang terpancar berabad-abad lalu yang tak pernah kering atau terkontaminasi. Air zam-zam menurut sejarahnya ditemukan Nabi Ismail setelah ibundanya Siti Hajar berlari-lari mencari mata air. Tak lama, terlihat air memancar dari tanah di sela-sela jari Nabi Ismail. Begitulah kemunculan air zam-zam yang pernuh berkah.

Air zam-zam memang berbeda dengan air biasa. Menurut penelitian air zam-zam mengandung komposisi yang berbeda dengan air biasa. Pemerintah Arab Saudi, melalui tenaga laboratoriumnya, mengemukakan bahwa setiap satu liter zam-zam mengandung klorida (159,75 mg), sulfat (140 mg), bikarbonat (398,22 mg), kalium (182,2 mg), kalsium (158,58 mg), serta natrium (318 mg). Sedangkan dalam satu liter air kemasan yang dijual di pasaran terkandung 30 mg klorida, 27 mg sulfat, 32 mg bikarbonat, 3 mg kalium, 20 mg kalsium, dan 20 mg natrium. 

Selain itu, kandungan mineral pada air zam-zam lebih tinggi dibanding air biasa. Pada air mineral alamiah tidak akan lebih dari 260 mg per liter, sementara pada air zam-zam mengandung kandungan mineral sebesar 2000 mg perliter. Kandungan mineral yang tinggi tersebut khususnya adalah fluoride. Air zam-zam yang diambil langsung dari sumbernya memiliki kadar fluoride 0,75 ppm sementara yang dialirkan melalui pipa sebanyak 0,68 ppm. Kadar ini lebih tinggi dibandingkan rata-rata kandungan fluoride dalam air keran di Arab Saudi yang hanya sekitar 0,28 ppm. Kadar fluoride yang tinggi dalam air minum bisa memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kekurangan fluoride bisa memicu gigi keropos atau dental caries yang jika memburuk bisa memicu infeksi pada gusi. Kelebihan lain dari air zam-zam adalah memiliki kandungan ion kalsium yang lebih tinggi, yakni 96 ppm baik yang diambil dari sumbernya maupun yang dialirkan melalui pipa. Sementara kadar ion kalsium dalam air keran di Arab Saudi rata-rata hanya 75,2 ppm.

Sementara itu, keunikan air zam-zam digambarkan Masaru Emoto sebagai sebuah kristal yang bisa berstruktur indah heksagonal (segi enam) atau bahkan kristal pecah tak beraturan. Label baik atau buruk inilah yang pada akhirnya akan menentukan jenis kristal yang akan terbentuk nantinya. Beberapa molekul air yang ditelitinya berbentuk tak teratur, kecuali molekul air zamzam. Susunan molekul air zamzam berstruktur sangat indah, teratur, cantik bak berlian yang berkilauan, dan memancarkan lebih dari 12 warna jika dibekukan. Penelitian lain juga dilakukan terhadap air zam-zam dari celah-celah mata airnya untuk mengetahui ada tidaknya bakteri. Ternyata air zam-zam tesebut tidak mengandung satu  pun jenis bakteri alias murni dan bersih. Namun, air zam-zam akan bisa terkontaminasi setelah dipindahkan pada bejana atau ember. 

Begitu ajaibnya kandungan air zam-zam sehingga banyak pihak yang ingin memilikinya lebih banyak. Hal inilah yang mendorong maraknya pemalsuan air zam-zam. Tentu sangat susah membedakan air zam-zam yang asli dan palsu secara kasat mata. Oleh karena itu, setidaknya pengetahuan ini dapat membantu Anda untuk membedakan air zam-zam yang asli dan palsu.


1. Dengan melihat hasil pengukuran karat terhadap air zam-zam
Kadar karat air zam-zam adalah diatas 400 di skala alat ukur. Jika tidak memiliki alat tersebut, Anda bisa mengambil sampel air yang akan diuji dan air zam-zam asli dengan volume yang sama, misal 1 liter. Masukkan ke dalam gelas ukur. Ciri-ciri air zam-zam asli adalah beratnya lebih daripada air biasa. Hal ini disebabkan karena air zam-zam memiliki berat lebih dari air biasa meskipun dengan volume yang sama.

2. Mencampurkan betadine ke dalam air zam-zam
Pada air biasa, betadine ini mungkin larut pada beberapa tetesan awal, namun beberapa tetes berikutnya akan membuat air menjadi keruh, demikian juga halnya dengan air pH tinggi lainnya (air alkaline), tetap akan menjadi keruh secara perlahan. Namun efek tersebut tidak terjadi pada air zam-zam yang asli. 

3. Merasakan air zam-zam
Ketika merasakan air zam-zam asli, pasti Anda akan merasakan kesejukan yang tidak akan dirasakan pada air jenis lain. Air zam-zam yang palsu atau sudah dicampur akan memiliki rasa yang sedikit berbeda. Rasa zamzam palsu adalah seperti air minum biasa dan aromanya berbau jika anda bawa ke tanah air dan apalagi jika anda menyimpannya dalam jangka waktu yang lama, akan tetapi yang asli tidak akan terjadi demikian.

4. Menggunakan mesin x-ray
Air zam-zam bila dilihat dari X-Ray akan terlihat berwarna pekat dan terlihat hitam. Sedang air biasa terlihat biasa saja.

Meski sepintas air zam-zam tidak jauh berbeda dengan air kemasan yang banyak ditemui di pasaran, namun bila dilihat melalui mikroskop electron akan nampak perbedaannya secara nyata dari segi struktur molekul air. Inilah keajaiban dari air zam-zam yang ada di muka bumi. Semakin banyak yang terbuka matanya akan keajaiban ini, maka semakin banyak pula yang mencobanya untuk membantu penyembuhan. Namun, semakin maraknya pemalsuan maka waspada juga dengan melakukan beberapa tes sederhana sebelum meyakini air zam-zam itu asli.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top