Sejuta Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan

Sering kita tidak menyadari manfaat besar dari berjalan kaki. Kadang kita berjalan tanpa memikirkan manfaat dibalik langkah sederhana ini. Seiring perkembangan teknologi akan semakin membuat kita lebih sedikit mengayunkan langkah untuk berjalan kaki. Namun, selama manusia hidup tentu akan selalu ada langkah kaki yang terayun. Mulai dari bangun pagi, kita berjalan menuju kamar mandi, berjalan ke dapur, ke garasi dan perjalanan-perjalan kecil lainnya. Nah, sekarang tinggal Anda meningkatkan saja intensitasnya agar lebih terasa bagi kesehatan tubuh Anda.

Untuk memulai berjalan kaki sangat mudah, Anda hanya membutuhkan sepasang sepatu lari saja. Anda bisa melakukan jalan kaki di taman, teras, atau di atas treadmill dan saat waktu kapan saja, baik saat pagi, siang, sore atau bahkan larut malam setelah makan malam. Mulailah berjalan kaki selama 10 sampai 15 menit, baru tingkatkan waktu jalan kaki Anda secara bertahap. Sebagian orang menganggap dengan berjalan kaki bisa menjadi salah satu solusi untuk menurunkan berat badan serta mengurangi kalori pada badan. Ternyata, tak hanya itu manfaat dari berjalan kaki. Ada banyak sekali manfaat dari berjalan kaki, berikut diantaranya :

1. Penurun Berat Badan
Berat badan yang tidak ideal merupakan salah satu sumber anda teserang berbagai penyakit. Jika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan, maka Anda harus membakar sekitar 600 kalori per hari dan lebih dari yang Anda makan. Berjalan kaki adalah salah satu cara termudah untuk melakukan itu. Seseorang dengan berat badan 60 kg bisa membakar sekitar 75 kalori hanya dengan berjalan kaki sedang (2mph) selama 30 menit. Meningkatkan lebih cepat lagi (4mph) akan membakar sekitar 99 kalori. Mempercepatnya lagi (4mph) akan membakar kalori sebanyak 150 kalori. 

2. Meningkatkan Kemampuan Otak
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Council of Aging disimpulkan bahwa dengan berjalan kaki selama 45 menit setiap harinya akan dapat membuat otak menjadi lebih tajam serta akan meningkatkan kewaspadaan.

3. Membantu Mengurangi Resiko Penyakit Jantung dan Stroke
Berjalan kaki selama 30 sampai 45 menit setiap hari akan bisa meningkatkan sirkulasi darah Anda dan akan membantu meregulasi denyut jantung. Berjalan kaki juga baik untuk meningkatkan kolesterol baik (HDL) serta menurunkan kolesterol jahat (LDL). Menurut Asosiasi Stroke, berjalan cepat selama 30 menit bisa membantu mencegah dan mengontrol tekanan darah tinggi penyebab stroke.

4. Terhindar dari Diabetes
Berjalan kaki dapat membuat secara otomatis kadar gula atau glukosa didalam tubuh akan bekerja di setiap jaringan sel dalam tubuh Anda. Sehingga kadar gula atau glukosa tersebut tidak terkonsentrasi atau menumpuk di dalam darah Anda. Hal inilah yang menyebabkan berjalan kaki sangat efektif untuk menghindari penyakit diabetes. Penyakit diabetes merupakan penyakit yang diakibatkan kadar gula yang tinggi didalam darah anda. 

5. Mencegah Disfungsi Ereksi
Kebiasaan berjalan kaki minimal 3 km tiap hari, dipercaya akan mampu mengurangi risiko terjadinya impotensi pada pria. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian yang diterbitkan didalam jurnal American Medical Association dan efek berjalan kaki ini akan lebih berpengaruh pada pria setengah baya dan pria diabetes.

6. Mengurangi Stres
Berjalan kaki berkeliling taman akan membuat pikiran stress yang melanda Anda sedikit banyak terkurangi dan mengakibatkan tidur malam menjadi pulas. Ketika pagi menjelang Anda akan lebih segar dan bugar dalam menatap dan melalui hari.

7. Menguatkan Sistem Imun Tubuh
Berjalan kaki dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kondisi ini akanmenyebabkan tubuh tidak mudah terserang penyakit. 

8. Membantu Mencegah Pikun
Aktif secara fisik memiliki efek melindungi fungsi otak, dan olahraga secara teratur mengurangi risiko pikun (demensia) hingga 40 persen. Menurut Age UK, orang tua yang berjalan sepanjang enam mil atau lebih per minggu bisa menghindari penyusutan otak dan mengembalikan memori yang telah berlalu bertahun-tahun.

9. Mencegah Osteoporosis
Berjalan dianggap sebagai kegiatan menahan beban, yang merangsang dan memperkuat tulang dengan meningkatkan kepadatannya sehingga mencegah osteoporosis. Hal ini benar-benar penting, terutama bagi wanita yang lebih rentan osteoporosis. Hal ini juga akan membantu menjaga kesehatan sendi, sehingga bisa mencegah kondisi seperti arthritis.

10. Lebih Awet Muda
Dengan berjalan kaki dapat membuat Anda kelihatan lebih awet muda dan memiliki kondisi yang sehat, bugar dan segar setiap waktu. 

11. Membentuk Bahu Anda
Kecepatan saat berjalan tergantung dari tangan Anda. Tahan tangan pada tingkat yang nyaman, menekuk siku, dan ayunkan kebelakang dan ke depan saat Anda berjalan. Semakin cepat ayunan, maka secara otomatis mempercepat jalan kaki Anda. Semua gerakan ini akan mengangkat lengan, bahu dan punggung bagian atas.

12. Membentuk dan Memperkuat Kaki
Berjalan kaki juga akan membantu memperkuat dan membentuk kaki Anda, membentuk betis, paha, paha belakang, dan mengangkat glutes(otot pantat). 

13. Membuat Lebih Berenergi
Jalan cepat adalah salah satu penghasil energi alami terbaik. Hal ini karena akan meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan suplai oksigen ke setiap sel dalam tubuh. Berjalan akan menghilangkan sendi yang terasa kaku dan meredakan ketegangan otot sehingga membuat kita merasa lebih cepat. 

14. Membuat Anda Bahagia
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga dengan intensitas sedang (seperti jalan cepat) secara teratur adalah seefektif dengan antidepresan dalam kasus depresi ringan sampai sedang. Hal ini karena olahraga sedang seperti berjalan kaki akan membuat tubuh melepaskan hormon endorfin (hormon bahagia) ke dalam aliran darah, sehingga mengurangi stres dan kecemasan. 


Sumber gambar by google.com

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top