Dasar Latihan Fitness

Sumber : http://maroomedia.com/wp-content/uploads/2013/08/4-Tips-Sederhana-Membentuk-Bahu-Seksi.jpg

Pada dasarnya arti kata fitness adalah kebugaran. Fitness merupakan aktivitas yang mampu membuat orang menjadi lebih bugar dengan menjalankan tiga komponen utamanya yaitu olahraga, pemenuhan nutrisi, dan istirahat. Fitnes lebih utama dilakukan secara rutin dan berkala.

Pastinya ada banyak sekali latar belakang anda berlatih fitness. Namun pada umumnya ada beberapa alasan orang berlatih fitness, diantaranya :
1.       Menjaga kebugaran tubuh
Pada dasarnya tujuan fitness adalah menjaga tubuh anda lebih bugar. Tubuh yang lebih bugar tentu saja membuat tubuh lebih sehat dan aktivitas lebih bertenaga. Orang dengan tujuan menjaga kebugaran tubuh senantiasa berlatih serileks mungkin dan tidak ngoyo.
2.       Membuat tubuh lebih berisi
Biasanya tujuan ini banyak dilakukan oleh kaum pria berbadan tipis atau kurus, namun saat ini sepertinya banyak juga kaum wanita yang ingin tubuhnya terlihat lebih berisi. Selain aspek kesehatan, tubuh yang berisi juga menarik secara estetika. Sehingga lebih terlihat macho bagi pria. Penampilan  yang menarik tentu saja membuat anda semakin percaya diri. Banyak melakukan latihan otot , pemenuhan nutrisi yang baik dan nafsu makan yang tinggi bisa membuat tujuan anda ini sukses besar.
3.       Mengurangi berat badan
Bentuk tubuh ideal merupakan dambaan setiap wanita. Nah,untuk mendapatkan tubuh yang ideal biasanya banyak didominasi kaum wanita. Stigma langsing itu menarik masih banyak melekat bagi kaum wanita. Selain wanita yang banyak mendominasi juga orang dengan kelebihan berat badan. Selain ingin menjadikan langsing juga tentu saja agar lebih sehat dan penampilan lebih menarik.
4.       Memulihkan stamina
Biasanya banyak dilakukan oleh orang pasca sakit yang cukup serius. Untuk menjaga kondisi tubuh agar sehat dilakukan dengan pola latihan tertentu.

Inti dari latihan fitness adalah menjaga tubuh anda lebih bugar, fresh dan sehat. Untuk mencapai tujuan-tujuan diatas tentu saja tidak dapat hanya dilakukan sekali waktu, namun harus dilakukan secara rutin, berkala dan disiplin. Selain itu, pemenuhan kebutuhan nutrisi juga harus diatur secara baik. Diluar itu semua tentu saja harus diimbangi dengan istirahat yang cukup. Pola hidup sehat dan teratur akan membuat latihan fitness anda lebih sukses.  
Pola latihan dasar fitness dibagi menjadi beberapa bagian diantaranya:
1.       Latihan otot dada
2.       Latihan otot perut
3.       Latihan otot punggung
4.       Latihan otot paha
5.       Latihan otot tricep
6.       Latihan otot bicep
7.       Latihan otot bahu

Dalam latihan dasar fitness ada hal-hal yang perlu anda waspadai agar tidak mengalami over training. Biasanya karena kita terlalu antusias dan bersemangat dalam latihan fitness. Over training mengakibatkan otot tegang, cedera dan cepat jenuh. Untuk menghindari over training anda harus melakukannya secara bertahap. Berikut beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan sebelum anda melakukan latihan fitness.
1.       Setting tujuan dan target anda
Penting dilakukan sebelum anda melakukan latihan agar anda dapat mengatur peralatan-peralatan apa saja yang sesuai yang akan anda gunakan. Dengan mengetahui tujuan anda dapat membuat latihan anda lebih efektif dan optimal.
2.       Makan sebelum latihan
Berlatih dengan kondisi tubuh optimal dapat membuat latihan anda menjadi maksimal. Jangan lupa konsumsi protein untuk membangun otot dan memperbaiki jaringan yang rusak. Jangan lupa juga konsumsi air putih untuk menghindari dehidrasi.
3.       Atur waktu latihan
Agar tidak menjadi beban dalam latihan maka sesuaikan waktu latihan anda dengan waktu terbaik anda dalam berolahraga.
4.       Kombinasikan beberapa jenis latihan
Kombinasi beberapa jenis latihan membuat anda tidak jenuh atau bosan. Selain itu kombinasi beberapa latihan dapat membuat hasil lebih optimal.
5.       Berikan waktu recovery
Aturlah waktu untuk mengistirahatkan otot-otot anda. Terlalu padat berlatih dapat membuat otot mengalami penyusutan.

Nah, demikian beberapa hal yang bisa kita pelajari dari dasar latihan fitness. Semoga dapat menambah wawasan dan ketika kita melakukan fitness dapat  melakukannya dengan optimal. Be healthy with right exercise!!!.

Sumber:

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top