Cara Cepat Mengatasi Vertigo Mendadak

Vertigo bukanlah suatu penyakit. Vertigo merupakan suatu gejala dimana diri sendiri atau sekeliling terasa berputar. Vertigo dapat terjadi secara mendadak sehingga sangat mengganggu aktivitas. Vertigo dapat terasa ringan dan beberapa detik saja namun, juga bisa menjadi parah bahkan berlangsung hingga beberapa hari. 

Cara Cepat Mengatasi Vertigo Mendadak

Gejala vertigo dapat disebabkan oleh penyakit tertentu yang mengakibatkan gangguan keseimbangan pada rumah siput di telinga. Hal ini yang menyebabkan orang yang mengalami vertigo akan sulit berdiri, berjalan, pening, mual hingga muntah.

Saat Anda mengalami vertigo seccara mendadak, sebaiknya segera lakukan beberapa langkah di bawah ini untuk meringankannya. 

1. Letakkan kepala lebih tinggi dari badan pada posisi duduk atau berbaring. Hindari posisi menunduk hingga posisi kepala lebih rendah dari badan. Gunakan beberapa bantal agar posisi kepala saat tidur menjadi lebih tinggi.

2. Hindari gerakan-gerakan yang tiba-tiba atau spontan. Gerakkan badan dan angkat kepala secara perlahan. Jangan langsung berdiri, mulailah dengan bergerak pelan, duduk, kemudian perlahan berdiri. Hal ini untuk menghindari gerak badan yang drastis.

3. Hindari gerakan kepala mendongak, berjongkok, atau tubuh membungkuk. Gerakan tersebut dapat memperparah vertigo Anda. Selain itu, rasa pening dan mual akan semakin terasa dengan gerakan tersebut.

4. Jika vertigo Anda tergolong parah, sebaiknya hindari gerakan yang memicu vertigo seperti membungkuk, mengangkat barang dan sejenisnya.

5. Minumlah beberapa ramuan herbal yang dianjurkan seperti :
  • Kulit manggis
  • Kulit manggis mengandung banyak antioksidan, vitamin B1, B2 dan C serta kaya akan kalsium, sodium, potassium dan zat besi yan dapat mencegah radikal bebas dan kerusakan sel tubuh. Kulit manggis dapat mencegah rusaknya sistem syaraf dengan melindungi protein pada sel tubuh. Minumlah kulit manggis, baik yang diracik sendiri maupun yang telah tersedia dalam kemasan.
  • Daun sirsak
  • Daun sirsak juga dapat meredakan vertigo karena kandungan acetogenins, lemak, fosfor, fruktosa, besi, vitamin A, kalsium dan vitamin B di dalamnya. Kandungan tersebut dapat menyeimbangkan system syaraf yang terganggu dan menurunkan tekanan darah, stress dan depresi. Daun sirsak juga dapat Anda racik sendiri atau membeli yang telah tersedia dalam kemasan.
Untuk mencegah vertigo kambuh kembali, sebaiknya sembuhkan penyakit yang berkaitan dan berpotensi menimbulkan gejala vertigo. Selanjutnya, mintalah bantuan orang lain untuk melakukan latihan sederhana dalam upaya mengurangi gejala-gejala vertigo. Hal yang tidak kalah penting lagi yaitu kenali hal-hal yang dapat memicu vertigo Anda dan hindari semaksimal mungkin.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top