7 Cara Mudah Kurangi Polusi di Dalam Rumah

Polusi udara di dalam rumah tentu bukan hal yang baru lagi. Polusi udara di dalam rumah dapat disebabkan oleh asap dapur, asap rokok, asap kendaraan , debu dari perabotan rumah, debu dari lingkungan rumah dan lain sebagainya. Hal-hal yang terlihat sepele tersebut jika dibiarkan akan menjadi polusi yang berpotensi mengganggu kesehatan. 

7 Cara Mudah Kurangi Polusi di Dalam Rumah

Untuk melindungi seluruh anggota keluarga dari bahaya akibat polusi udara tersebut, maka ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Tidak hanya meminimalisir penyebabnya, namun penanganan terhadap polusi tersebut juga harus dilakukan. Nah, berikut ini 7 cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi polusi udara di dalam rumah.

1. Buka jendela setiap hari

Saat hari sebaiknya buka jendela agar sirkulasi udara yang baik. Terutama udara segar di pagi hari. Selain itu, saat memasak asap juga akan keluar dengan mudah. Jika Anda tak memiliki cerobong asap, bantu dengan kipas ekstraksi. 

2. Jangan merokok di dalam ruangan

Cara mudah selanjutnya yaitu jangan merokok di dalam ruangan. Jika ingin merokok sebaiknya di luar ruangan seperti di teras atau taman rumah. Selain itu, tinggalkan penggunaan lilin dan obor. Ganti dengan lampu emergency saat mati lampu. 

3. Perhatikan kebersihan lantai

Kebersihan lantai juga harus dijaga agar debu tak terakumulasi. Sapu dan pel lantai dengan teratur. Apalagi lantai yang dilapisi dengan karpet. Cuci karpet tiap beberapa minggu sekali agar tetap bersih tak berdebu. 

4. Atur kelembaban udara dalam rumah

Kelembaban udara yang baik di dalam rumah berkisar antara 30-50%. Udara yang terlalu kering apalagi terlalu lembab tidak baik bagi kesehatan. Selain dapat menimbulkan jamur, juga dapat menimbulkan alergi bagi beberapa orang.

5. Pasang keset di tiap pintu masuk

Keset meminimalisir kotoran yang masuk ke dalam rumah. Gunakan keset dari bahan yang memang baik, tidak mudah hancur karena gesekan. 

6. Kurangi produk penyegar udara

Memakai produk penyegar udara secara berlebihan juga kurang baik. Penyegar udara mengandung bahan kimia dan partikel yang sangat halus. Sebaiknya gunakan penyegar udara dari bahan-bahan alami.

7. Letakkan tanaman hias di pojok ruangan

Tanaman hias bukan hanya sebagai penghias ruangan, namun juga berfungsi menyerap polutan dalam ruang. Pilih tanaman yang memiliki fungsi tersebut dan letakkan di tiap pojok ruangan. 

Mengurangi polusi udara di dalam rumah merupakan salah satu upaya menjaga kesehatan pernapasan seluruh anggota keluarga. Udara yang sehatjuga akan membuat kita lebih semangat melakukan aktivitas di dalam rumah.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top