6 Penyebab Kedutan Pada Mata

Kedutan pada mata seringkali dikaitkan oleh kejadian-kejadian tertentu yang belum benar terjadi. Padahal, fenomena kedutan ini tak ada hubungan sama sekali dengan hal-hal realistis tersebut. Bahkan, kedutan pada mata dapat dijelaskan secara medis.

6 Penyebab Kedutan Pada Mata

Kedutan secara medis disebut blepharospasme adalah kontraksi otot yang tidak terkontrol atau tidak teratur yang terjadi di sekitar mata. Kedutan adalah hal yang wajar dan umumnya hanya datang beberapa detik atau menit saja. Bisa juga datang beberapa kali secara beruntun dalam sehari atau beberapa hari. 

Kedutan bukanlah hal yang berbahaya dan tidak membahayakan. Kedutan juga tidak mempengaruhi kualitas penglihatan kita. Kedutan dapat terjadi pada siapapun dalam segala usia. Hanya saja, kedutan bisa dianggap serius jika terjadi secara terus menerus karena kemungkinan ada gangguan saraf. Secara umum, berikut ini beberapa penyebab kedutan.

1. Mata terlalu tegang
Kondisi ini sering terjadi akibat terlalu lama menatap layar monitor karena pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi dalam jangka waktu yang lama. 

2. Stres
Stres dapat menyebabkan ketegangan pada kepala dan otot sekitar mata. Jika ketegangan ini berlangsung lama maka bisa menyebabkan mata mengalami kelelahan dan menyebabkan kedutan.

3. Kurang tidur
Sama halnya dengan tubuh, mata juga perlu waktu istirahat untuk memejamkan mata. Mata yang kurang tidur juga bisa mengalami kelelahan dan menyebabkan kedutan.

4. Iritasi dan gangguan mata
Mata yang terkena iritasi akibat terlalu kering atau paparan benda asing sehingga menimbulkan alergi bisa juga menjadi penyebab mata mengalami kedutan.

5. Konsumsi kafein dan alkohol berlebihan
Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein dan alkohol secara berlebihan bisa mengakibatkan meningkatnya aliran darah pada mata. Tentu saja kondisi ini bisa menyebabkan mata mengalami kedutan.

6. Gangguan saraf
Kemungkinan terkahir yaitu adanya gangguan saraf pada mata. Jika kedutan berlangsung sangat lama dan terus menerus hingga mengganggu, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter yang berkaitan.

Solusi untuk mengatasi kedutan mata adalah menghindari keenam penyebab tersebut dan banyak istirahat. Mata yang mengalami ketegangan dan kelelahan lebih rentan mengalami kedutan. 

Artikel Media Kita Lainnya :

3 comments:

  1. Ada mitos kalau kedutan katanya ada yang ngomongin jelek. Saya kalau kurang tidur biasanya kedutan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu hanya sekedar mitos gan... banyak banget mitos ttg kedutan ini..

      Delete
    2. mitos kedutan mata masih aja banyak yang percaya. hadeuhh..Menurut Prof Andrew Lotery, ahli mata dari University of Southampton, hal itu terjadi karena kelelahan otot pada kelopak mata. Jika muncul terlalu sering, bisa juga disebabkan oleh iritasi di permukaan mata dan membran konjungtiva.
      Penyakit yang melanda otot mata tersebut adalah blepharospasm atau melemahnya otot mata. Hal itu bisa menimpa yang usianya sudah beranjak 50-70 tahun. Selain itu, suntik botox di wajah juga bisa memicu kedutan di kelopak mata sebagai efek sampingnya.

      Delete

Scroll to top