4 Olahraga Tepat Untuk Penderita Rematik

Rematik adalah penyakit yang diakibatkan oleh peradangan dan pembengkakan pada persendian atau otot. Rematik berbeda dengan nyeri otot. Nyeri otot bersifat sementara karena penggunaan otot yang berlebihan atau posisi yang salah. Sedangkan, rematik bersifat menahun karena berbagai sebab dan bisa menyerang persendian mana pun pada tubuh.


Rematik memang menyebabkan rasa sakit pada persendian. Namun hal ini bukan menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Olahraga justru dapat meredakan gejala rematik, diimbangi dengan istirahat yang cukup dan menghindari stress. Akan tetapi, tidak semua olahraga dianjurkan untuk penderita rematik. Setidaknya ada 4 olahraga yang aman dan tepat untuk meredakan gejala rematik. Berikut keempat olahraga tersebut. 

1. Sepeda santai

Untuk meredakan rematik diperlukan olahraga yang santai namun mampu melancarkan peredaran darah dan memperkuat jantung, sekaligus menghilangkan stress. Bersepeda santai adalah olahraga yang cocok untuk meraih berbagai manfaat tersebut. Bersepeda juga aman dilakukan dan bukan olahraga yang berat.

2. Jogging dan jalan santai

Jogging dan jalan santai juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Kedua olahraga ini aman dilakukan dan dapat menghilangkan stress. Jogging mengelilingi taman di pagi hari tentu akan membawa manfaat yang lebih besar dan semangat baru sebelum memulai aktivitas. Selain itu, kedua olahraga ini juga tepat untuk melatih fleksibilitas sendi.

3. Yoga

Yoga merupakan olahraga yang menggunakan teknik pernapasan, postur tubuh dan meditasi. Olahraga ini sangat cocok untuk penderita rematik karena gerakannya lebih aman dilakukan. Kombinasi teknik pernapasan dan meditasinya juga sangat cocok untuk menghilangkan kepenatan dan stress.

4. Taichi

Taichi pada dasarnya seni bela diri yang mengutamakan gerakan lembut penuh keselarasan. Tai chi juga cocok dilakukan untuk penderita rematik yang menginginkan nuansa yang berbeda. Dengan berlatih tai chi, otot tubuh lebih lentur dan kuat s ekaligusgerakan tubuh akan lebih dinamis dan lembut.

Keempat olahraga ini merupakan olahraga yang tepat dan aman dilakukan oleh penderita rematik. Anda tak perlu khawatir menghabiskan energi yang terlalu besar. Anda akan merasakan manfaatnya setelah melakukan olahraga secara teratur. Gejala rematik mereda dan aktivitas berjalan lancar.

Artikel Media Kita Lainnya :

1 comments:

  1. kalau udh sekali kena rematik itu katanya menderita banget..hehe, jangan sampe lah..sama hindari mandi malam katanya...

    ReplyDelete

Scroll to top