7 Hobi yang Bisa Bikin Anak Lebih Cerdas

Anak sangat gemar melakukan aktivitas yang mereka senangi setiap hari. Aktivitas itulah yang disebut dengan hobi. Ternyata, saat melakukan hobi tersebut, tidak hanya membuat suasana hati anak menjadi senang, namun juga bisa membuat anak lebih cerdas. 

7 Hobi yang Bisa Bikin Anak Lebih Cerdas

Pasalnya, hobi yang mereka lakukan dapat meningkatkan fungsi kerja otaknya. Sehingga anak bisa berpikir lebih baik, mengingat lebih tajam dan berimajinasi lebih luas. Nah, diantara banyak hobi yang ada, setidaknya ada 7 hobi yang bisa membuat anak lebih cerdas dengan lebih cepat. Berikut ketujuh hobi tersebut.

1. Membaca
Membaca merupakan aktivitas untuk memperoleh informasi baru dari sebuah buku atau bacaan. Berbagai informasi baru tersebut diserap dan diolah dalam otak anak. Sehingga tak heran, anak yang hobi membaca, selain memiliki wawasan yang luas, juga kemampuan berpikir yang lebih cepat. Semakin banyak membaca maka semakin meningkat pula fungsi otaknya.

2. Bermain alat musik
Musik dapat mempengaruhi fungsi otak dalam berpikir. Hobi bermain alat musik dapat menyeimbangkan fungsi otak kanan dan otak kiri. Hasilnya, anak lebih bisa berimajinasi dengan baik dan memiliki daya ingat yang kuat. 

3. Belajar bahasa baru
Orang yang menguasai banyak bahasa, memiliki kemampuan otak yang lebih baik. Mereka dapat tetap fokus dan berkonsentrasi lebih dari satu hal. Sebuah penelitian juga menemukan bahwa orang yang menguasai banyak bahasa terhindar dari kepikunan atau demensia. 

4. Bermain puzzle atau permainan otak
Bermain game yang mengasah otak seperti puzzle, catur, sudoku juga dapat meningatkan kerja otak. Semakin otak diasah untuk menyeleseikan permainan, otak akan mencerna informasi semakin banyak. Dampaknya, koneksi antar otak terhubung semakin banyak dan semakin baik.

5. Menulis
Menulis, baik menulis menggunakan tulisan tangan maupun gadget dapat mengasah kemapuan otak. Namun, sebuah penelitian menemukan bahwa menulis dengan tulisan tangan lebih melatih kemampuan motorik otak sekaligus melatif fokus kita. Menulis juga merangkai imajinasi di otak ke dalam tulisan sehingga dapat menyeimbangkan fungsi otak kanan dan kiri.

6. Olahraga
Hobi berolahraga ternyata tidak hanya menyehatkan badan saja, tapi juga menyehatkan otak anak. Anak yang gemar olahraga memiliki perkembangan otak yang lebih maksimal. Aliran darah dan asupan oksigen ke otak berjalan dengan lancar. Efeknya, anak lebih cerdas dalam berpikir.

7. Mengoleksi sesuatu
Mengoleksi sesuatu seperti barang tertentu juga dapat meningkatkan kecerdasan anak. Pasalnya, anak akan lebih peduli terhadap hal-hal yang berkaitan tentang benda tersebut. Mereka juga lebih penasaran tidak hanya pada barang tersebut, namun juga bagaimana mendapatkan, membuat dan hal sejenisnya. Rasa penasaran inilah yang membuat anak akan terpacu untuk menganalisa sesuatu.

Nah, ketujuh hobi yang bisa bikin anak lebih cerdas diatas hanyalah contoh kecil saja. Masih banyak hobi yang juga dapat membuat anak lebih cerdas. Selama hobi tersebut berada dalam jalur yang benar, maka kita sebagai orang tua harus terus memberikan dukungan dan arahan yang baik.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top