8 Tips Merawat Ginjal Anda!

Ginjal merupakan sepasang organ vital dalam tubuh manusia yang berbentuk seperti kacang dengan besar seukuran kepalan tangan. Ginjal terletak di dekat punggung bagian bawah di tengah-tengah. Ginjal berfungsi untuk memproses darah yang dipilah menjadi zat sisa dan air. Zat sisa inilah yang kemudian keluar menjadi air seni. Ginjal memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh, jika sedikit saja sistem penyaringannya mengalami kerusakan maka akan terjadi penumpukan racun di dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan organ. 
8 Tips Merawat Ginjal Anda!

Oleh karena itu, penting sekali untuk merawat ginjal sebagai aset kesehatan. Berikut ini delapan tips merawat ginjal agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik. 

1. Olahraga
Olahraga merupakan kebiasaan yang sangat baik bagi seluruh organ tubuh, khususnya ginjal Anda. Olahraga dapat menjaga tubuh Anda selalu bugar dan meningkatkan kerja jantung dan ginjal Anda. Sempatkan waktu untuk berolahraga secara rutin walaupun sebentar saja.

2. Jaga Kadar Gula Darah
Gula darah sangat berkaitan dengan darah yang diproses oleh ginjal. Kadar gula darah yang tinggi dapat berdampak buruk pada pembuluh darah. Oleh karena itu, ketahui kadar gula darah Anda ddan jaga dalam keadaan normal dengan makanan yang baik dan gaya hidup yang sehat.

3. Jaga Tekanan Darah
Tekanan darah tinggi dalam jangka panjang dapat merusak pembuluh darah, khususnya pembuluh darah ginjal. Jaga tekanan darah Anda dengan pola makan dan pola hidup yang sehat serta kurangi stres dan segala pemicunya.

4. Jaga Berat Badan
Kelebihan berat bdan atau obesita juga dapat mempengaruhi kerja ginjal Anda. Oleh karena itu, jaga berat badan Anda tetap dalam keadaan normal. Pilihlah asupan makanan yang bergizi, olahraga secara teratur dan gaya hidup yang baik.

5. Penuhi Kebutuhan Air
Kebutuhan air dalam tubuh baik untuk menjaga kinerja organ dalam tubuh, salah satunya kerja ginjal. Setidaknya kita harus memenuhi kebutuhan air kurang lebih 1,5 liter sehari. Tergantung pada aktivitas, usia, kondisi dan cuaca lingkungan.

6. Berhenti Merokok
Rokok mengandung racun yang merusak organ-organ dalam tubuh. Salah satunya yaitu ginjal. Berhentilah merokok sekarang juga agar tidak menimbulkan kerusakan yang lebih besar lagi pada tubuh Anda. Hentikan kebiasaan merokok dengan cara ini.

7. Gunakan Obat Dengan Bijak
Penggunaan obat-obatan terlalu banyak dan sering juga memiliki efek samping pada ginjal. Begitu pula dengan obat penghilang nyeri (analgesik) karena dapat mengurangi aliran darah ke ginjal. Gunakan obat dengan dosis yang sesuai.

8. Periksa Fungsi Ginjal
Ketahui kondisi ginjal Anda dengan pemeriksaan secara berkala. Hal ini dimaksudkan agar Anda mengetahui apa yang harus Anda lakukan dan apa yang harus Anda hindari. Terutama jika Anda termasuk dalam kelompok dengan resiko tinggi seperti penderita diabetes, hipertensi atau penyakit ginjal.

Ginjal merupakan organ yang sangat penting sehingga harus kita rawat dengan baik. Gaya hidup yang baik akan berdampak pada ginjal yang sehat. Ginjal yang sehat akan berdampak pada kualitas hidup Anda yang semakin baik.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top