5 Cara Menjadikan Rumah Lebih Sehat

Rumah yang sehat akan membuat penghuninya merasa lebih nyaman dan betah untuk tinggal di rumah. Rumah yang sehat tentunya merupakan rumah yang rajin dirawat dan dibersihkan. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjadikan rumah lebih sehat. Setidaknya ada 5 cara yang harus Anda lakukan untuk menjadikan rumah jadi sehat. Berikut ini 5 cara tersebut. 
5 Cara Menjadikan Rumah Lebih Sehat

1. Sirkulasi udara yang baik
Sirkulasi udara merupakan aliran udara yang keluar masuk ke dalam rumah sehingga terjadi pertukaran udara yang lebih segar. Sirkulasi udara dibuat dengan menempatkan banyak ventilasi udara di seluruh ruangan. Sehingga udara yang ada di ruangan tersebut lebih segar karena kandungan oksigennya yang terus diperbarui. Selain itu, ventilasi udara juga memungkinkan masuknya sinar matahari yang menyehatkan. Oleh karena itu, mulailah melihat sudah cukupkah ventilasi udara di rumah Anda?

2. Pel lantai 2 hari sekali
Lantai merupakan bagian rumah yang selalu ada dan sering menjadi tempat bermain bagi anak-anak. Oleh karena itu, penting memperhatikan kebersihan lantai rumah Anda. Tak cukup menyapunya setiap pagi dan sore hari namun juga pel lantai rumah Anda setidaknya 2 hari sekali. Lantai yang bersih akan terbebas dari kuman dan bakteri yang merugikan kesehatan. Anak pun nyaman dan bebas bermain. 

3. Batasi penggunaan bak terbuka
Penggunaan bak terbuka perlu dibatasi. Bak terbuka yang tidak dirawat dengan baik dapat memicu munculnya bibit-bibit penyakit. Secara tidak sadar kita sering hanya menggunakan air yang berada di lapisan atas saja kemudian mengisinya kembali. Hal ini tentu akan membuat air di bagian bawah menjadi lebih jenuh. Akibatnya air dibagian bawah lebih banyak tumbuh kuman penyakit. Oleh karena itu sebaiknya batasi penggunaan bak terbuka. Jika tidak maka gunakan bak yang tidak terlalu besar sehingga bisa dibersihkan secara mudah setiap saat. 

4.Gunakan kloset tertutup
Kloset tertutup lebih menjaga dan mencegah beterbangannya kuman penyakit saat disiram air atau dibersihkan. Kloset tertutup juga dapat menghindarkan adanya bau yang bisa mengganggu. Selain itu, kloset tertutup dapat mencegah juga adanya hewan-hewan yang terjebak masuk ke dalam kloset. 

5. Perhatikan atap dan langit-langit
Daerah tropis seperti di Indonesia memang lebih cocok menggunakan atap berupa genteng tanah liat karena lebih mampu menyerap panas. Sebaiknya hindari penggunaan seng yang menyebabkan hawa ruangan menjadi lebih panas dan juga hindari pengguanaan asbes karena asbes ternyata tidak baik untuk kesehatan. Lebih aman jika atap ditutup dengan plafon. Perhatikan juga kebersihan langit-langit rumah Anda. Rutin bersihkan agar kotoran tak semakin menumpuk banyak. 

Rumah yang sehat akan membuat penghuninya lebih ceria dan bahagia. Rumah sebagai tempat beristirahat dengan tenang dan nyenyak juga dapat tercapai. Rumah sebagai tempat berkumpul bersama keluarga dan bersantai dapat berjalan lebih semangat dan bahagia.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top