7 Tips Mudah Mengatasi Jet Lag

7 Tips Mudah Mengatasi Jet Lag
Jet lag adalah sebuah gangguan sementara yang menyebabkan kelelahan, insomnia, dan gejala lain akibat dari perjalanan udara melintasi zona waktu yang cepat. Gejala jet lag meliputi kecemasan, sembelit, diare, kebingungan, dehidrasi, sakit kepala, lekas marah, mual, berkeringat, masalah koordinasi, dan bahkan kehilangan memori. Jet lag tentu sangat mengganggu kenyamanan dan kesehatan. Oleh karena itu, jet lag harus segera diatasi agar tidak bertambah parah. Berikut ini tujuh cara untuk menghindari jet lag dan membuat perjalanan semakin menyenangkan.


1. Segera sesuaikan waktu 

Cari tahu perbedaan waktu di kota tujuan Anda dan segera sesuaikan waktunya. Semakin cepat menyesuaikan diri dengan zona waktu lokal, tubuh akan lebih cepat beradaptasi. Kebanyakan pelancong mengubah waktu di ponsel, jam tangan, dan alat elektronik lainnya ketika di pesawat.

2. Sesuaikan waktu tidur
Jika Anda berencana untuk bepergian dengan waktu yang lama, mulailah untuk membiasakan dengan jam tidur di negara tujuan tersebut. Tidur lebih cepat jika bepergian ke timur dan pergi tidur lebih lambat jika pergi ke barat. Di pesawat, paksa tubuh untuk tidur sesuai waktu tujuan.

3. Banyak minum
Duduk di dalam kabin pesawat yang kering selama berjam-jam bisa membuat dehidrasi. Hal tersebut akan memperparah jet lag. Oleh karena itu, sebaiknya perbanyak minum air putih dan hindari minuman beralkohol maupun yang mengandung kafein seperti kopi dan teh.

4. Tidur yang cukup
Sebagian besar orang, akan kesulitan untuk tidur di malam hari di tempat tujuan. Di awal kedatangan, sebaiknya tidur 4 jam di malam hari cukup bagi tubuh untuk menyesuaikan dengan waktu lokal. Sebagai gantinya, coba tidur siang singkat dengan durasi maksimal 20 menit. Jangan terlalu lama karena biasanya setelah tidur mata akan terjaga namun otak masih dalam kondisi istirahat yang menciptakan kondisi kantuk.

5. Hindari obat tidur
Beberapa kru pesawat minum melatonin, hormon yang diproduksi oleh tubuh di malam hari, untuk melawan jet lag karena tuntutan profesi. Namun, sebisa mungkin hindari obat tidur karena obat tersebut tidak bisa membantu tubuh menyesuaikan waktu baru secara alami.

6. Terpapar cahaya alami
Siklus siang dan malam adalah faktor utama bagi tubuh menyesuaikan jam tubuh baru. Terpapar sinar matahari langsung biasanya manjur untuk membantu tubuh beradaptasi dengan zona waktu baru.

7. Tak perlu beradaptasi
Jika perjalanan Anda di tempat tujuan kurang dari 4 hari, maka Anda tidak perlu repot-repot menyesuaikan dengan zona waktu lokal. Alih-alih beradaptasi, Anda malah akan merusak jam tubuh normal Anda.

Tentu Anda tak ingin liburan Anda terganggu karena jut lag bukan? Oleh karena itu segera antisipasi agar jet lag tak datang menyerang dan liburan semakin menyenangkan.

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top