Cegah dan Atasi Cantengan Dengan Cara Ini!

Cantengan menjadi salah satu penyakit yang sangat mengganggu aktivitas. Karenan letaknya pada ujung jari atau area kuku yang merupakan area yang sering digunakan. Cantengan atau disebut paronikia adalah infeksi karena bakteri pada daerah kuku dan sekitarnya. Biasanya cantengan ditandai dengan bengkak, nyeri, keluar nanah, dan kerusakan pada kuku. Penyebabnya yaitu adanya trauma atau manipulasi berlebihan pada daerah kuku dan sekitarnya seperti menggigiti kuku, perawatan manikur yang salah, penggunaan kuku palsu, atau menggunting kuku terlalu dalam.

Cegah Cantengan Dengan Cara Ini!
Cantengan sangat membuat aktivitas tidak nyaman dan terganggu. Oleh karena itu, sebaiknya mencegah agar tak mengalami cantenngan. Berikut ini cara mencegah cantengan.
  1. Gunakan alas kaki yang melindungi dan nyaman. 
  2. Jangan memakai sepatu yang terlalu sempit ukurannya atau yang ujungnya terlau sempit. 
  3. Jangan berlebihan menggunting kuku tangan maupun kaki. Sebaiknya kuku digunting tidak terlalu dalam, dan jangan sampai terlalu melengkung. Akan lebih baik jika kuku digunting mendatar. 
  4. Jangan biarkan kuku terlalu pendek ataupun terlalu panjang. Rawatlah kuku dengan baik dan pastikan panjangnya normal dan cukup melindungi. 
  5. Bersihkan kaki secara rutin, dan jagalah senantiasa kering. Jika bekerja di daerah yang mengharuskan kaki atau tangan menjadi basah, gunakanlah alat pelindung, misalkan: sarung tangan atau sepatu bot pada pekerja cuci.
Sebaiknya hindari cantengan yang mengganggu ini agar aktivitas dan kerja menjadi aman dan nyaman. Namun, jika Anda telah mengalami cantengan, sebaiknya atasi dengan cara berikut ini.
  1. Rendam kaki di dalam air hangat dan kemudian dicampur dengan garam selama kurang lebih 15 menit sebanyak 2-3 kali dalam sehari. Tujuan dari cara ini adalah untuk membantu mengurangi terjadinya pembengkakan dan juga nyeri akibat cantengan. 
  2. Berikan cream antibiotik pada kaki yang mengalami cantengan dengan dibalut tipis dengan menggunakan kasa yang steril. Jika tidak ada krim antibiotik maka obat cantengan yang bisa dipakai adalah rivanol. 
  3. Cara mengompres rivanol ini adalah dengan membasahi kasa sterol dnegan rivanol dan kemudian ditempelkan, dan sedikit diperas, dan juga pada permukaan kuku yang mengalami cantengan dibiarkan sekitar 30-60 menit, dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam sehari. 
  4. Minum obat yang bisa membantu menghilagkan rasa sakit banyak dijual bebas pada toko obat atau juga apotek. Beberapa contohnya adalah ibuprofen, parasetamol, asam mefenamat, dan lain sebagainya. 
  5. Sebaiknya alas kaki yang dipilih adalah alas kaki yang terbuka. Jangan menggunakan alas kaki yang tertutup sepert sepatu, karena akan membuat keadaan cantengan menjadi semakin parah.
Nah, demikian tips untuk mencegah dan mengatasi cantengan. Ayo rawat jari-jari Anda agar cantengan tak menghampiri. Jaga selalu kebersihan kaki Anda.







    Artikel Media Kita Lainnya :

    0 comments:

    Post a Comment

    Scroll to top