Waspadai Kebiasaan Tidur Lebih Dari Jam 12 Malam

Salah satu kodrat manusia yang hidup di dunia adalah tidur. Tidur mengistirahatkan badan, pikiran dan memberikan ruang bagi seluruh organ untuk bernafas. Demi menjaga kesehatan dan kebugaran, tidur juga memiliki rentang waktu tertentu. Mengurangi jatah waktu tidur dapat berakibat pada tidak stabilnya konsentrasi dan emosi dalam tubuh. Selain itu, bagi Anda yang memiliki kebiasaan tidur larut malam ada beberapa efek yang harus Anda waspadai, berikut diantaranya :

1. Jam biologis terganggu
Tidur lebih dari jam 12 membuat otak kesulitan dalam mengontrol fungsi biologis pada tubuh. Hal ini dikarenakan waktu istirahat menjadi berkurang. JIka jam biologis ini terganggu maka akan mempengaruhi kondisi fisik dan mental. 

2. Insomnia
Kebiasaan tidur lebih dari jam 12 dapat menyebabkan insomnia, karena tubuh akan terbiasa bugar meskipun telah lewat jam 12 malam. Akibatnya adalah tubuh akan menjadi lemas ketika bangun tidur di pagi hari. 

3. Produktivitas terganggu
Tidur lebih dari jam 12 malam artinya memangkas jatah istirahat di siang hari. Akibatnya, produktivitas Anda di siang hari menjadi terganggu. Hasil kerja menjadi tidak maksimal dan berpotensi menimbulkan kecelakaan kerja. 

4. Menurunkan sistem imun
Tidur lebih dari jam 12 malam akhirnya menurunkan sistem imun, sehingga Anda berisiko tinggi terkena berbagai macam penyakit, mulai dari yang ringan sampai mematikan.

5. Berpotensi menimbulkan penyakit
Sebuah penelitian membuktikan bahwa kurang tidur mampu meningkatkan risiko kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke. 

6. Meningkatkan resiko kanker
Sebuah penelitian yang dilakukan para ahli dari Jepang membutktikan bahwa hormon melatonin yang seharusnya diproduksi oleh tubuh berkurang jumlahnya jika jadwal tidur dikurangi. Sementara rendahnya hormon melatonin sendiri berkaitan erat dengan risiko kanker.

7. Potensi obesitas
Hormon pengendali nafsu makan juga akan mengalami gangguan ketika Anda suka tidur lebih dari jam 12 malam. kebiasaan ngemil di malam hari kurang menyehatkan dan bisa berujung pada peningkatan berat badan sampai obesitas.

Nah, ternyata bahaya bukan kebiasaan tidur lebih dari jam 12 malam? Oleh karena itu waspadai kebiasaan tidak baik ini. Jika memang tidak ada hal yang mendesak dan memaksa, sebaiknya usahakan beristirahat kurang dari jam 12 malam. Capai rentang tidur yang seharusnya agar badan dan pikiran Anda sehat dan bugar.


Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top