Terapi Kesehatan Bagi Penderita Bipolar Disorder

Bipolar Disorder adalah salah satu kejiwaan berupa perubahan mood yang sangat ekstrim dan cepat. Tanda-tanda seorang penderita bipolar selanjutnya dapat Anda baca disini, Apakah Anda Bipolar? Cek Disini. Bipolar bukanlah kelainan kejiawaan yang tidak dapat disembuhkan. Bipolar disorder dapat dikontrol dan dikurangi dengan melakukan beberapa terapi dan pengobatan. 



Sebelum Anda melangkah lebih jauh, ada beberapa hal yang harus ditanamkan kedalam diri seorang penderita bipolar disorder untuk kesembuhan dirinya. 
1. Niat dan kemauan kuat dalam diri untuk sembuh
2. Berdoa dan mintalah kepada Allah untuk lebih baik
3. Disiplin untuk menjalani program penyembuhan.

Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengontrol dan menyembuhkan bipolar disorder yang Anda alami. Semoga bermanfaat.

1. Aktifitas Fisik
Lakukan passion Anda yang melibatkan aktifitas fisik secara maksimal. Lakukan secara rutin. Melakukan aktivitas fisik mendorong Anda untuk terus bersemangat dan antusias melakukan sesuatu. Passion yang Anda lakukan ini menjadikan Anda tetap berada dalam keadaan stabil.

2. Aktifitas Sosial
Bertemanlah dengan siapa saja dan berbaurlah. Hindari menyendiri dalam keadaan sepi. Beranikan diri untuk melakukan apa yang sebelumnya Anda belum pernah lakukan. Melakukan aktivitas sosial akan membuat percaya diri Anda bertambah dan menghilangkan rasa kesendirian dan minder. 

3. Aktifitas Spiritual
Rajinlah mengikuti aktifitas keagamaan yang ada di sekitar Anda. Sering mengikuti aktifitas spiritual akan menumbuhkan jiwa kebersyukuran dan harapan yang tinggi akan kesembuhan diri Anda. Aktifitas ini juga akan membuat diri Anda menjadi lebih tenang dan terkontrol. 

4. Terapi Musik
Dengarkan musik-musik yang dirancang khusus untuk penderita bipolar disorder. Biasanya lantunan musik yang membawa ketenangan. Dengarkan musik ini menjelang tidur atau dalam keadaan santai sambil memejamkan mata. 

5. Terapi Kognitif
Terapi ini dilakukan untuk membantu penderita bipolar dalam memahami polar pikir mereka yang mengalami disfunsional. Terapi ini menyadarkan penderita bipolar untuk berpikir positif. Pikiran positif yang dimasukkan akan membuat penderita bipolar lebih adaptif dalam menanggapi perubahan lingkungan.

6. Terapi Keluarga
Keluarga adalah bagian terpenting dari penderita bipolar disorder. Pengertian dan perhatian anggota keluarga sangat diperlukan dalam proses penyembuhan. Lakukan komunikasi secara intensif dan arahkan untuk mengatasi mood dengan perlahan.

7. Nutrisi Herbal
Dalam salah satu literatur, ada nutrisi herbal yang dapat mengurangi atau menyembuhkan penderita bipolar disorder. Nutrisi tersebut bernama Laminine. Laminine merupakan nutrisi herbal yang sangat baik untuk membantu Laminine Herbal Untuk Penyembuhan Bipolar. Laminine juga Sebagai nutrisi otak yang lengkap dapat merangsang otak untuk meningkatkan produksi hormon serotin yang membuat nyaman dan rileks.

8. Obat-obatan
Penggunaan obat untuk bipolar, yaitu obat litium karbonat, berbentuk bubuk dari litum berelemen metalik. Litium efektif dalam menstabilkan mood orang yang menderita bipolar dan dalam mengurangi episode-episode kambuh dari manic dan depresi (Baldessarini & Tondo, 2000; Grof & Alda, 2000). Dalam pemakaian litium harus dimonitor, karena adanya efek beracun yang potensial dan efek samping lainnya. Obat ini dapat menambah berat badan, kelesuan, pusing dan penurunsn umum dari fungsi motorik, dalam jangka panjang obat ini dapat mengakibatkan masalah liver. Maka dari itu sebaiknya pemakaian obat merupakan langkah terakhir yang ditempuh jika penderita telah berada diluar batas maksimum. 

Penderita bipolar disorder sama seperti kita yang membutuhkan perhatian untuk selalu kuat dalam menghadapi situasi apapun. Peran anggota keluarga terdekat, pasangan sangat signifikan berpengaruh dalam kehidupan penderita bipolar disorder. Kesabaran dan keuletan diperlukan untuk mengontrol dan menyembuhkan penyakit ini. Semoga bermanfaat, mari rawat dan berikan perhatian tulus bagi penderita bipolar disorder. 


referensi :
http://curhatkita.blogspot.com/2010/02/3-kunci-penyembuhan-bipolar-saya.html
https://psikologiabnormal.wikispaces.com/Bipolar+Disorder
http://www.terapimusik.com/bipolar_disorder.htm
http://obatherbalalternatif.info/2014/02/herbal-untuk-pengobatan-penyakit-bipolar.html

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top