Pusing Ketika Bangun Tidur


Pernahkah Anda merasa pusing ketika bangun tidur? Merasa tidak segar setelah bangun tidur bahkan merasa keseimbangan berkurang. Waspadai gejala-gejala seperti ini jika terjadi berulang kali. Pusing setelah bangun tidur berbeda-beda pada tiap orang. Ada gejala ringan yang bisa hilang beberapa saat kemudian, namun ada pula yang tak kunjung hilang setelah sekian lama. Penyebabnya dapat berbeda-beda pada masing-masing orang. Berikut beberapa penyebab dan cara mengatasinya. 


1. Gejala Ilmiah
Otak manusia memiliki gelombang frekuensi kerja yang terbagi menjadi empat yaitu : beta, alpha, teta dan delta. Pada saat tidur sesungguhnya otak kita tidak benar-benar berhenti bekerja namun berada pada kondisi teta atau delta. Pada saat bangun tidur otak kita dipaksa menaikkan gelombang otak ke gelombang delta sehingga menyebabkan kita merasa pusing saat bangun. 
Kondisi yang wajar terjadi ini dapat diatasi dengan kembali memasuki kondisi alpha atau teta dengan tidur lagi sebentar. Kemudian secara perlahan bangun secara sadar. Maka pusing Anda akan hilang dan beralih menjadi keadaan segar dan bugar. 

2. Tekanan darah rendah
Ketika bangun tidur kemungkinan yang lain adalah tekanan darah turun secara mendadak. Kondisi jantung belum siap bekerja atau ada gangguan pada jantung seperti aritmia atau kondisi denyut jantung yang tidak teratur. Sebagai antisipasi konsumsi makanan untuk mengatasi darah rendah Anda. Segera periksakan ke dokter terdekat untuk kemungkinan gangguan pada jantung. 

3. Vertigo
Vertigo terjadi karena koordinasi saraf dan otak melemah. Vertigo merupakan jenis pusing yang paling parah dibandingkan dengan jenis pusing yang lain. Vertigo mengganggu keseimbangan diri. Segera periksakan ke dokter karena vertigo dapat menyerang sewaktu-waktu dan sangat berbahaya.

4. Efek samping obat
Ada jenis obat yang memiliki efek samping berupa rasa pusing. Diuretik atau peluruh kencing, analgesik atau pereda nyeri, transquilizer atau penenang dan anticonvulsant atau antikejang termasuk obat yang memiliki efek samping pusing-pusing terutama di pagi hari. Istirahatlah lebih banyak ketika mengkonsumsi obat dengan efek seperti ini.

5. Galau
Galau atau gelisah dapat menyebabkan rasa pusing ketika bangun pagi.  Gangguan semacam ini membuat napas jadi lebih cepat, sehingga keseimbangan kadar oksigen dan karbondioksida terganggu lalu pembuluh arteri menyempit dan terjadilah pusing. Anda perlu melakukan relaksasi dan manajemen gelisah Anda sehingga tidak mengganggu pagi Anda. 

6. Gerakan ekstrim
Perubahan aktivitas yang terlalu ekstrim dapat menyebabkan kepala pusing. Olahraga terlalu keras seperti futsal di malam hari kemudian tidur akan menyebabkan pusing setelah bangun. Sebaiknya ubah gerak tubuh secara perlahan sebelum istirahat.

7. Migrain
Aktifitas berlebihan pada impuls saraf di otak menyebabkan pembuluh darah di otak menyempit. Inilah yang disebut migrain. Migrain banyak terjadi pada pagi hari akibat dari gangguan tidur pada malam hari. Migrain dapat diatasi dengan mengubah pola tidur menjadi lebih teratur. 



Sumber gambar by google.com

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top