Berita Terpopuler Pekan Ini

Terpopuler pekan ini, minggu terakhir di Bulan Juli 2014 bertepatan dengan perayaan Idul Fitri 1435 H. Namun selain berita tentang lebaran ada beberapa berita duka dari berbagai penjuru dunia. Berikut 10 berita terpopuler pekan ini.

1. Perayaan Idul Fitri 1435 H

Indonesia sebagai negara dengan mayoritas muslim memiliki cara sendiri dalam memeriahkan Hari Raya Idul Fitri di setiap tahunnya. Bermacam tradisi di berbagai daerah menambah meriahnya lebaran. Pemberitaan di berbagai media tentang Hari Raya Idul Fitri menempati urutan pertama selama sepekan ini. Mohon maaf lahir batin.


2. Kelanjutan Pilpres 2014 ke MK

Pemilu Presiden Indonesia yang digelar pada 9 Juli 2014 lalu menyisakan sengketa. Pengumuman pemilu presiden oleh KPU pada tanggal 22 Juli 2014 yang lalu digugat oleh Pasangan Presiden Nomor 1 ke Mahkamah Konstitusi. Penyelenggaraan pemilu pada 9 Juli lalu dinilai banyak terjadi pelanggaran yang harus diseleseikan. Mari kita saksikan dengan tenang penyeleseian pemilu ini oleh MK sehingga Presiden Terpilih rakyat Indonesia nantinya memang benar-benar didukung oleh satu suara, suara rakyat Indonesia. 

3. Kejahatan Kemanusiaan, Israel Serang Gaza Palestina

Hampir satu bulan sudah serangan tentara Israel ke jalur Gaza Palestina. Penyerangan ini telah menewaskan setidaknya 1500 jiwa. Meskipun kejahatan kemanusiaan ini dikecam oleh berbagai pihak namun Perdana Menteri Israel menyatakan akan terus menyerang Palestina. Mari kita doakan agar kejahatan kemanusiaan ini dan pemblokadean wilayah Gaza oleh Israel segera usai dan diselesikan secara damai. 

4. Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS)

ISIS menjadi fenomena di wilayah Timur Tengah. Setelah mengklaim berdirinya Negara Islam kini ISIS melebarkan sayapnya dengan menyebarkan pahamnya ke seluruh dunia. Mereka menginginkan agar mendapatkan dukungan dari seluruh muslim dunia. Indonesia sebagai negara dengan mayoritas muslim menjadi lahan basah yang potensial dimasuki oleh paham ISIS. Sebagai negara Republik dengan paham Pancasila, paham agama layaknya ISIS menjadi kajian Pemerintah Indonesia. 

5. Pevoli Cantik Sabina Altynbekova

Minggu ini ada yang menarik dari seorang atlet bola voli asal Kazakhstan, Sabina Altynbekova. Pemain bola voli timnas U-19 Kazakhstan ini menghiasi berbagai media sosial di penjuru dunia. Paras cantiknya ini mampu memukau jutaan mata penduduk dunia. Video pemanasan, facebook dan twitter gadis 17 tahun ini  dibanjiri penggemarnya. Beragam pujian dan rayuan dari berbagai negara. Salah satunya dari Indonesia. Hingga ada salah satu tim bola voli yang berniat merekrutnya untuk musim 2015. Mari kita doakan agar semarak bola voli di Indonesia semakin semarak dengan kehadiran Sabina Altynbekova.

6. Pembatasan BBM bersubsidi

PT Pertamina (Persero) sebagai salah satu badan usaha penyalur BBM bersubsidi menegaskan melaksanakan Surat Edaran BPH Migas No. 937/07/Ka BPH/2014 tanggal 24 Juli 2014 tentang pengendalian BBM subsidi solar dan premium. Pengendalian BBM bersubsidi ini akan dilakukan melalui beberapa tahap. Pertamina mengimplementasikan pembatasan BBM bersubsidi, khususnya Solar mulai 1 Agustus 2014. Mulai 4 Agustus 2014, waktu penjualan Solar bersubsidi di seluruh SPBU di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Bali akan dibatasi dimulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 18.00 untuk cluster tertentu. Tidak hanya Solar di sektor transportasi, mulai tanggal 4 Agustus 2014, alokasi Solar bersubsidi untuk Lembaga Penyalur Nelayan (SPBB/SPBN/SPDN/APMS) juga akan dipotong sebesar 20% dan penyalurannya mengutamakan kapal nelayan di bawah 30GT. Mulai 6 Agustus 2014, seluruh SPBU yang berlokasi di jalan tol tidak akan menjual premium bersubsidi, namun hanya menjual Pertamax series. 

7. Polling Kabinet Jokowi-JK

Setelah pengumuman pemenang Presiden oleh KPU pada tanggal 22 Juli 2014 yang lalu, muncul beberapa polling tentang tokoh-tokoh yang dinilai cocok berada dalam kabinet Jokowi-JK. Salah satunya polling yang dilakukan oleh relawan Jokowi-JK dengan tajuk "Kabinet Alternatif Usulan Rakyat" dengan asumsi 34 po menteri. Setiap pos kementrian dimunculkan 3 nama dari berbagai kalangan baik jejaring LSM, jurnalis, aktivis, dosen, intelektual, seniman, dan relawan Jokowi yang ada di seknas. Dalam memutuskan pencantuman 3 nama yang diusulkan, Jokowi Center dan Radio Jokowi memasukkan beberapa kriteria, di antaranya rekam jejak profesional tokoh baik sebagai aktivis, intelektual, maupun dosen. 

8. Bursa Transfer Pemain Sepakbola 2014-2015

Bursa transfer sepakbola musim ini sangat atraktif. Klub-klub besar berhasil mendapatkan pemain-pemain terbaik yang menjadi incarannya. Musim depan diprediksi akan menjadi sangat kompetitif karena kekuatan antar tim menjadi berimbang. Perebutan juara liga dan liga champion akan tetap menarik untuk disaksikan.  Klub-klub papan atas seperti Real Madrid, Barcelona, Bayer munchen, Chelsea, Arsenal, Manchester City, dan Liverpool akan menyemarakkan liga-liga eropa dengan pemain-pemain barunya. Bahkan, Manchester United akan bangkit musim ini dengan pelatih dan perombakan pemain. Namun, geliat transfer liga Italia tak seheboh liga-liga lainnya. Hal ini akan berdampak pada kompetisi Eropa yang akan mempersulit tim-tim liga Italia dalam persaingan.

9. Isu Skandal oleh Wikileaks

Situs Wikileaks bertanggal 29 Juli 2014 melaporkan apa yang mereka sebut sebagai kebijakan Mahkamah Agung Australia dalam melarang pemberitaan dugaan suap bernilai jutaan dollar Australia yang melibatkan otoritas perbankan dan perusahaan percetakan uang negara itu dengan sejumlah pejabat negara di Asia Tenggara. Menurut laman tersebut, dugaan korupsi ini melibatkan nama sejumlah pejabat Indonesia, Malaysia dan Vietnam, termasuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan mantan Presiden Megawati Sukarnoputri. Dalam jumpa pers di kediamannya di Cikeas, Kabupaten Bogor, Kamis (31/07), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan informasi yang dirilis Wikileaks yang kemudian dimuat sebuah situs berita Indonesia telah merugikan namanya. Dia menyayangkan pengelola situs berita tersebut tidak melakukan klarifikasi terlebih dulu kepadanya sebelum menaikkan beritanya. Presiden SBY kemudian meminta Pemerintah Australia mengklarifikasi laporan Wikileaks tersebut dengan mengeluarkan statement yang terang agar nama baiknya dan Megawati tidak dicemarkan, dan agar tidak mencemarkan nama baik pejabat Indonesia lainnya.

10. Mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1435 H

Salah satu tradisi lebaran di tanah air adalah mudik alias pulang kampung. Tradisi ini membuat sejumlah kota besar di Indonesia lengang, seperti di Kota Jakarta. Mudik lebaran pada tahun ini mengabarkan bahwa angka kecelakaan mengalami penurunan. Hal ini dinilai karena pengendara telah mulai tertib di jalan dan lebih berhati-hati. Selain itu meningkatnya kualitas pelayanan transportasi publik menunjukkan perbaikan yang berarti. Perbaikan sarana transportasi seperti kualitas jalan raya juga lebih baik, meskipun ada beberapa jembatan yang ambrol dan sempat mengalami perbaikan secara kilat. Mudik adalah tradisi turun temurun yang baik karena merupakan kesempatan silaturahmi dan ke sanak famili. Perbaikan terus menerus guna menurunkan tingkat kecelakaan di jalan harus dilakukan oleh stakeholder terkait. Kesadaran berkendara yang aman juga harus terus digaungkan agar semakin tahun angka kecelakaan menurun. 


Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top