Tips Komunikasi Efektif


Komunikasi adalah proses yg terjadi ketika perilaku yg ditimbulkan seseorang menyebabkan timbulnya reaksi mental, emosi, fisik, atau spiritual terhadap orang lain atau seseorang. 

Komunikasi disebut efektif jika setiap orang yang berkomunikasi dapat menerima pesan dengan jelas. Pesan dengan jelas dapat diterima jika kebutuhan utama yang ia rasakan saat ini terpenuhi dengan cara yang menyenangkan. 

Setiap kita berkomunikasi untuk memenuhi 6 kebutuhan: 
1. Dihormati dalam setiap kesempatan 
2. Memberikan dan mendapat informasi 
3. Di”orangkan” 
4. Merubah sesuatu atau tindakan 
5. Menciptakan ketertarikan pada sesuatu dan meminimalkan rasa bosan 
6. Menghindari dari sesuatu yg tidak menyenangkan, seperti kesendirian atau konfrontasi 

Kita dapat membacap pesan melalui tiga channel pada saat bersamaan: 
1. Non-verbal/visual – ekspresi wajah dan bahasa tubuh dll 
2. Verbal – kata-kata yg kita dengan atau baca dll 
3. Dinamika suara – intonasi, volume, aksen, kecepatan dll. 

Biasanya ada 4 hal yg kita komunikasikan kepada orang lain: 
1. Apa yang saya pikir anda sedang pikirkan saat ini 
2. Apa yang saya pikir anda sedang merasakan saat ini 
3. Apa yang saya pikir anda sedang butuhkan saat ini – secara umum, dari saya 
4. Apa yang saya pikir mengenai sikap anda dan saya saat ini 


Ada 3 hal sangkaan yang sering kita lakukan dalam komunikasi : 
1.  “Anda lebih superior dari saya” 
2.  “Anda lebih inferior dari saya” 
3.  “Anda merasa sederajat” 

Jika seseorang terlalu sering melakukan yang 1 dan 2, maka: 
1. Komunikasi yang efektif biasanya akan terhenti 
2. Patner komunikasi kita akan merasakan seperti pesan yg anda sampaikan secara tidak sadar 

2 Halangan Dalam Berkomunikasi 
1. Orang yg pempunyai : 
- kepribadian yg tidak terorganisasi dg baik, sering konflik dg dirinya sendiri 
- sifat malu dan merasa bersalah berlebihan 
- rasa ketakutan yg berlebihan 
- kesulitan dalam melihat kenyataan 
- sikap berlebihan atau sangat kurang dalam mempercayai seseorang 
- kurang dapat merasakan, mengekspresikan rasa 
2. Kurangnya pengalaman hidup, menjadikan sebagian dari orang dewasa tidak menguasasi cara berkomunikasi secara efektif 

7 Kemampuan Komunikasi 
1. KEPEDULIAN 
•  Menyampaikan pesan dengan hormat 
•  Kontak mata dan bahasa tubuh 
•  Memahami tingkat emosi 
•  Memahami situasi dan topik pembicaraan 
•  Kemampuan “mendengar” dg baik 

2. BERPIKIR JERNIH 
•  Berpikir jernih dan fokus VS berpikir kacau dan bercabang-cabang 
•  Perlu berlatih berulang-ulang 

3. TELATEN MENCARI AKAR KEBUTUHAN KOMUNIKASI 
Kurang telaten dalam mencari kebutuhan dasar dalam melakukan komunikasi dapat mengakibatkan ketidakpuasan 
Contoh: “ Saya butuh kendaraan siang ini” 

4. MENDENGAR DENGAN HATI 
•  Hadirkan “diri” anda 
•  Menjaga sikap penuh hormat dan tidak dibuat-buat 
•  Singkirkan sejenak kepetingan pribadi 
•  Jangan terburu-buru menilai 
•  Memberikan impresi 
•  Diam dan perhatikan apa yang dikatakan patner komunikasi anda 

5. MENYAMPAIKAN DENGAN CARA YANG BAIK 
•  Menghadirkan “diri” kita 
•  Menampilkan perilaku berkomunikasi yang saling menghormati 
•  Menyampaikan keinginan kita secara sederhana dan jelas 

6. BERBICARA SECARA OBYEKTIF 
•  Menghadirkan “diri” anda 
•  Mempertahankan perilaku komuniasi yang saling menghormati 
•  Belajar kosakata yang spesial 

7. PROBLEM SOLVING 
•  Menghadirkan diri anda 
•  Memahami dasar-dasar komunikasi yg efektif 
•  Memelihara perilakukomunikasi yg saling menghormati 
•  Brainstorming dan memilih solusi yg terbaik


Referensi :
Komunikasi efektif, Muhammad Hamdi

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top