Tips Sehat Berpuasa


Selamat menunaikan ibadah puasa. Ibadah yang wajib kita laksanakan sebulan penuh dalam satu tahun. Ibadah yang sangat spesial karena banyak sekali hikmah dan manfaat yang terkandung di dalamnya. Betapa sangat pentingnya ibadah puasa ini sehingga kita harus menjaga kondisi tubuh kita agar kuat menjalankannya selama sebulan penuh. Agar tidak hanya mendapatkan manfaatnya secara fisik namun juga agar kita mampu memaksimalkan segala momentum dengan berbagai aktivitas yang ada dalam bulan penuh berkah ini. Berikut beberapa tips yang dapat membantu anda agar tetap fit beraktivitas selama berpuasa.

1. Mengakhirkan sahur
Seperti kita ketahui bahwa sebelum melaksanakan puasa maka kita disunnahkan untuk makan sahur. Rasulullah SAW memberikan kita teladan untuk makan sahur di waktu akhir. Dengan mengakhirkan makan sahur maka kondisi kita akan lebih kuat dalam menjalankan aktivitas seharian.
2. Mendahulukan berbuka 
Berbuka puasa tepat pada waktunya dan tidak menunda merupakan salah satu sunnah yang dicontohkan Rasulullah SAW. Dengan mendahulukan berbuka maka ini telah memenuhi hak tubuh kita setelah berpuasa selama 13 jam lamanya. 
3. Berbuka dengan yang manis
Berbukalah dengan yang manis seperti kurma atau bisa diganti dengan makanan yang manis lainnya. Makanan manis dapat membantu memulihkan kekuatan tubuh.
4. Konsumsi air putih dengan cukup
Selama berpuasa kita kehilangan banyak cairan tubuh. Maka setelah berbuka minum air putih dengan cukup. Konsumsi air putih kurang lebih 2 liter sehari agar anda tetap segar untuk beraktivitas seharian.
5. Konsumsi buah dan sayur
Saat berbuka dan saat sahur jangan lupa untuk mengkonsumsi buah dan sayur untuk memenuhi kebutuhan gizi dan vitamin anda. Buah dan sayur membuat anda lebih kuat dan tidak mudah lapar. 
6. Olahraga
Jangan lupa untuk melakukan olahraga ringan meskipun dalam keadaan puasa. Olahraga ringan membuat sirkulasi oksigen dalam tubuh lebih lancar.
7. Istirahat cukup
Tubuh memerlukan istirahat yang cukup agar tetap prima menjalankan aktivitas sehari-hari. Terutama aktivitas spiritual di malam hari seperti sholat tarawih, sholat malam dan tadarus Al Quran.
8. Jangan tidur setelah makan
Penting untuk dilakukan untuk menjaga metabolisme dalam tubuh. Tidur setelah makan membuat metabolisme anda terganggu dan dapat berakibat timbulnya penyakit.
9. Hindari kopi dan soda
Semaksimal mungkin hindari mengkonsumsi kopi dan soda karena keduanya memiliki sifat diuretik. Kopi dapat membuat anda terjaga sedangkan soda tidak baik bagi kesehatan tubuh. 


sumber gambar
http://todayspicture99.blogspot.com/2014/06/puasa-ramadhan.html

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top