Apakah Anda Punya Penyakit Jantung? Cek Dengan Ini!

Penyakit jantung adalah penyakit paling mematikan yang disinyalir menjadi pembunuh nomor satu di dunia. Penyakit jantung bisa cepat menyerang dan berakibat fatal bagi penderitanya. Meskipun demikian, penyakit jantung juga memiliki gejala yang bisa dideteksi lebih awal. 

Apakah Anda Punya Penyakit Jantung? Cek Dengan Ini!

Deteksi awal ini penting untuk mengantisipasi serangan mendadak pada jantung dan mencegah semakin parahnya penyakit. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mendeteksi penyakit jantung pada diri kita. Sebelum memutuskan untuk ke dokter, cek beberapa tanda berikut ini pada diri Anda.

1. Merasa mudah lelah
Jika Anda sering merasa mudah lelah padahal istirahat cukup dan aktivitas juga tak banyak, maka Anda perlu waspada. Pasalnya, ini bisa menjadi pertanda awal penyakit jantung. 

2. Merasa sulit bernafas
Sesak nafas atau sulit bernafas biasanya dialami jika Anda menderita penyakit asma. Jika Anda merasa sulit bernafas padahal Anda tidak memiliki riwayat penyakit asma maka hal ini bisa menjadi pertanda selanjutnya.

3. Merasa mual
Apakah Anda merasa kurang nafsu makan dan sering merasa mual dan ingin muntah? Hal ini bisa terjadi karena adanya pembengkakan pada perut dan menjadi pertanda adanya penyakit jantung.

4. Sering keluar keringat dingin
Salah satu gejala umum penyakit jantung yaitu sering keluar keringat dingin meskipun tidak sedang melakukan sesuatu. Tidak seperti kondisi normal saat orang sedang gugup atau menahan sesuatu hingga mengeluarkan keringat dingin. 

5. Merasa nyeri di dada
Merasa nyeri di bagian dada memang tidak selalu pertanda adanya penyakit jantung. Namun, saat Anda sering merasa gejala yang demikian sebaiknya waspada dan periksakan diri ke dokter terdekat. 

6. Terjadi pembengkakan
Ada bagian tubuh yang mengalami pembengkakan tanpa adanya alasan yang jelas juga perlu diwaspadai. Hal ini bisa menjadi pertanda jantung sedang bermasalah. 

7. Sakit kepala saat terkena sinar matahari
Jika Anda sering merasa sakit kepala saat terpapar sinar matahari, Anda perlu mewaspadainya. Pasalnya ini bisa terjadi karena adanya aliran darah yang tersumbat ke otak akibat kondisi jantung yang terganggu.

Penyakit jantung bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Namun, Anda yang memiliki kebiasaan kurang sehat bisa lebih berpotensi mengalami penyakit jantung. Oleh karena itu, deteksi diri Anda masing-masing melalui beberapa tanda diatas. Apakah Anda sering merasakan gejala-gejala tersebut?

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top