Apa yang Mempengaruhi Mimpi Seseorang?

Setiap orang pasti pernah mengalami mimpi. Baik mimpi indah maupun mimpi buruk. Mimpi sering dianggap sebagai bunga tidur, namun tak sedikit yang percaya bahwa mimpi menjadi indikasi peristiwa tertentu. Meskipun demikian, para ahli belum menemukan teori pasti tentang mimpi. Sehingga mimpi selalu menjadi hal menarik untuk dikaji.

Apa yang Mempengaruhi Mimpi Seseorang?

Nah, menurut para ahli, mimpi juga bisa diartikan sebagai salah satu cara otak memproses informasi yang penting dan menghilangkan informasi yang kurang penting. Maka tak jarang, orang yang bermimpi seakan-akan merasakan kejadian yang sesungguhnya. Tak jarang pula orang yang mimpi indah akan terasa segar saat bangun. 

Ternyata, ada beberapa faktor yang berpengaruh terhadap mimpi seseorang. Faktor tersebut bisa berasal dari faktor lingkungan sekitar ataupun hal yang baru saja kita alami sebelum tidur. Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi mimpi seseorang. 

1. Bau 
Bau yang kita cium sebelum atau sesaat kita tidur bisa mempengaruhi mimpi. Bau wewangian, bunga bisa membuat mimpi lebih indah. Sebaliknya, bau yang tak sedap dan tajam seperti bau sulfur (belerang) bisa membuat mimpi buruk. Oleh karena itu, kamar dengan aromatherapy lebih nyaman digunakan untuk tidur.

2. Suara 
Suara yang terjadi di sekitar kita bisa masuk ke otak dan menjadikannya suara dalam mimpi. Meskipun begitu, suara dari alam nyata ini bisa menjadi lebih dahsyat saat masuk ke alam mimpi. Misalnya, suara alarm kita bisa menjadi suara sirine yang dahsyat. Oleh karena itu, tidur dengan alunan instrumental bisa membuat tidur lebih nyaman dan rileks.

3. Makanan pedas
Makan makanan pedas sebelum tidur konon bisa membuat mimpi kita jadi buruk. Tak hanya itu, tidur juga menjadi tak nyaman alias sering terbangun. Sebaiknya, tidur minimal dua jam sebelum tidur. 

4. Lapar 
Tidur dalam keadaan lapar memang tak nyenyak. Tak jarang kita sering terbangun karena gangguan kecil saja. Hal ini juga berimbas pada mimpi yang kita alami. Mimpi jadi lebih buruk dan menderita. Sebaiknya, jangan tidur saat lapar. Makan makanan yang berserat dan tidak mengandung lemak. Misalnya, susu dan pisang.

5. Kondisi mental 
Kondisi mental kita pada hari itu turut menentukan mimpi yang kita alami. Suasana hati yang senang, mental yang baik akan membuat tidur lebih nyenyak dan mimpi indah. Sebaliknya, tidur dalam keadaan depresi dan mental yang sedang jatuh atau ke bisa memperburuk mimpi yang terjadi. Sebaiknya, tenangkan pikiran sebelum tidur dan bangun mental Anda dari awal.

6. Obat-obatan 
Konsumsi obat-obatan sebelum tidur bisa mempengaruhi mimpi yang kita alami. Obat-obatan anti depresi dan vitamin B6 konon bisa membuat efek lebih mudah mengingat mimpi. Sedangkan, obat-obatan tertentu bisa juga malah membuat mimpi makin buruk. 

Nan, sekarang sudah tahu kan apa yang bisa mempengaruhi mimpi kita jadi baik atau buruk. Sebaiknya sebelum tidur, pastikan kondisi tempat kita tidur nyaman dan kondisi tubuh serta mental juga dalam keadaan baik. 

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top