Ini Dia Posisi Tidur Yang Bikin Pintar

Posisi tidur seringkali hanya dikaitkan dengan kesehatan tubuh dan relaksasi pasca tidur. Padahal, posisi tidur ini juga turut menentukan cara kerja otak saat yang berpengaruh terhadap kecerdasan.

Ini Dia Posisi Tidur Yang Bikin Pintar

Banyak penelitian yang dilakukan untuk menghubungkan posisi tidur, durasi tidur dan kondisi saat tidur dengan berbagai hal yang  mempengaruhinya. Salah satu penelitian tersebut dilakukan oleh Stony Brook University, New York, Amerika Serikat. Hasil penelitiannya mengungkapkan keterkaitan antara posisi tidur, tingkat kecerdasan dan cara kerja otak. 

Menurut peneliti dari Stony Brook University, posisi tidur terbaik adalah posisi tidur miring seperti janin. Posisi tidur seperti itu adalah posisi terbaik untuk kesehatan dan cara kerja otak. 

Posisi tidur miring memudahkan otak dalam membuang produk limbah sisa metabolisme keluar dari tubuh. Saat kita tidur dalam posisi miring, ada cairan otak yang disebut dengan cairan serebrospinal tersaring keluar dari otak dan digantikan oleh cairan interstitial. Cairan inilah yang mengeluarkan limbah metabolisme dari otak. 

Cairan metabolisme tersebut merupakan protein yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan otak. Bahkan, jika tak dikeluarkan dan terus terakumulasi dapat menyebabkan perubahan perilaku seperti mudah lupa, mudah gelisah dan sebagainya. 

Meskipun demikian, memang tak ada orang yang bisa mempertahankan posisi tidurnya dari awal tidur hingga bangun. Perubahan posisi saat tidur adalah hal yang wajar. Oleh karena itu, memulai tidur dengan posisi terbaik menjadi kebiasaan yang sangat baik bagi kesehatan dan kecerdasan otak. Biasakan tidur dengan posisi miring setiap hari dan rasakan hasilnya. Lebih pintar bukan?

Artikel Media Kita Lainnya :

6 comments:

  1. Seperti posisi tidur yg diajarkan olh baginda Muhammad SAW. Islam memang agama yg sempurna dan paling benar

    ReplyDelete
  2. Jauh sebelum Islam mengajarkan 15.000 tahun sebelum nya Vedic (Veda) sudah mengajarkan itu kepada para Sanata Dharma (Hindu) so jadi kita duluan

    ReplyDelete
  3. Dienul Islam itu memang Penyempurna n Apapun persoalan hidup manusia jawabnya ada dalam Kitab suci Al Qur'an yg tidak ada keraguan di dalamnya. karena Islam adalah Rahmatan lil Alamien.

    ReplyDelete

Scroll to top