Kiat Sehat Agar Tubuh Tak Gampang Sakit

Kiat Sehat Agar Tubuh Tak Gampang Sakit

Sehat memang anugerah luar biasa yang harus kita jaga. Dengan sehat kita bisa melakukan apapun yang kita inginkan. Sedangkan, saat kondisi sakit meskipun hanya pilek, pusing, lemas adalah kondisi yang membuat aktivitas terganggu. Orang yang sehat dan tak gampang sakit berarti memiliki daya tahan tubuh yang baik. Sebaliknya orang yang gampang sakit, meskipun sakit ringan merupakan indikasi daya tahan tubuh yang lemah. Daya tahan tubuh erat kaitannya dengan pola hidup kita. Jika pola hidup kita sehat maka daya tahan tubuh kita kuat. Akibatnya tubuh tak gampang sakit. Nah, berikut ini beberapa kiat hidup sehat agar tubuh tak gampang sakit.

1. Konsumsi makanan sehat
Makanan sehat adalah makanan yang memiliki gizi yang lengkap. Variasi makanan sangat baik dikonsumsi agar kebutuhan gizi dalam tubuh terpenuhi. Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur kaya antioksidan dan vitamin yang membuat tubuh tak gampang sakit. Hindari makanan seperti fast food dan junk food agar kebutuhan gizi seimbang.

2. Rajin berolahraga
Olahraga membuat badan sehat dan kuat. Keringat yang dihasilkan dapat mengeluarkan racun atau detoksifikasi. Gerakan dalam olahraga juga memperlancar aliran darah, saraf dan metabolisme dalam tubuh. Orang yang rajin olahraga akan lebih sehat dan tak gampang sakit. 

3. Berlatih yoga
Yoga tak hanya dapat menghilangkan stres karena kesibukan kita sehari-hari. Yoga juga dapat melancarkan peredaran darah, pencernaan, saraf dan produksi hormon dalam tubuh yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika sistem kekebalan kuat maka tubuh sehat dan penyakit minggat.

4. Tidur cukup
Memang waktu hanya 24 jam yang tak akan bisa menampung berbagai aktivitas dan kesibukan kita. Namun,  tubuh memerlukan waktu istirahat yang cukup agar tetap sehat dan fit. Atur prioritas kesibukan Anda, jangan mengorbankan waktu tidur karena akan membuat tubuh gampang sakit. Orang yang tidak tidur dalam waktu yang cukup memiliki antibodi yang lemah sehingga gampang sakit.

5. Pijat
Pijat yang dilakukan dengan benar oleh ahlinya dapat membuat badan menjadi rileks. Tak hanya itu, dipijat juga mampu menurunkan hormon kortisol, hormon stress yang dapat menurunkan daya tahan tubuh dan membuat gampang sakit.

Menjaga kesehatan memang perlu niat dan usaha yang kuat sehingga tak merasa berat. Mulailah dengan aktivitas yang menyehatkan sehari-hari. Makanan yang sehat, tidur yang cukup dan hindari stress agar tak hanya tubuh yang sehat namun pikiran juga sehat. 

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top