7 Benda Sebagai Sarang Kuman Di Sekitar Kita

7 Benda Sebagai Sarang Kuman Di Sekitar Kita

Berbicara tentang kuman memang sedikit sulit dijelaskan. Karena kuman sendiri memang tak terlihat secara kasat mata. Namun, akibat yang ditimbulkan dapat kita rasakan. Kuman dapat membawa potensi penyakit yang dapat tertular jika masuk ke dalam sistem pencernaan kita. Kuman dapat hidup melekat dimana saja. Salah satunya pada benda-benda yang sering kita pegang. Nah, berikut ini 7 benda sebagai sarang kuman di sekitar kita.

1. Ponsel Atau Handphone
Ponsel atau handphone adalah salah satu alat yang hampir setiap menit kita pegang. Apalagi di jaman sekarang yang semua aktivitas berkaitan dengan handphone. Oleh karena itu, tak mengherankan jika handphone disebut-sebut memiliki kuman 18 kali lebih banyak dibandingkan toilet. Lebih baik jika membiasakan tidak langsung memegang makanan setelah menggemgam handphone Anda.

2. Remote Pada Televisi
Salah satu alat yang hampir setiap hari kita sentuh adalah remote TV. Tak hanya kita yang menyentuhnya namun juga setiap orang di rumah kita. Remote TV tentu menyimpan banyak kuman yang berpotensi membawa penyakit yang beresiko bagi kesehatan.

3. Bolpoin
Bolpoin memiliki peran sentral bagi pelajar atau mahasiswa. Bolpoin sering kita letakkan dimanapun dan kita gunakan setiap hari. Tak jarang juga saling pinjam atau terjatuh sehingga potensi sarang kuman menjadi lebih besar. Oleh karena itu, ada baiknya membersihkan bolpoin dan tangan kita sesering mungkin.

4. Mouse Pada Komputer
Mouse menjadi perangkat vital pada komputer yang kita gunakan. Memegang mouse umumnya dengan menggenggam seluruh permukaannya. Potensi mouse menjadi sarang kuman sangat besar sehingga harus berhati-hati setelah menggunakan mouse. Lebih baik segera cuci tangan dengan sabun untuk melindungi diri.

5. Keyboard Pada Komputer Umum
Kita tahu bahwa keyboard komputer di tempat umum seperti warnet hampir tidak pernah dibersihkan. Sementara penggunanya sudah ribuan orang dengan latar yang berbeda-beda. Tentu saja bukan mustahil jika banyak kuman menumpuk di keyboard tersebut.

6. Keyboard Pada Mesin ATM
Hampir sama dengan keyboard pada warnet, keyboard mesin atm juga telah digunakan oleh jutaan orang untuk bertransaksi. Hampir semua tentu menggunakan keyboard untuk mengetik nomor pin. Nah, kuman yang menumpuk semakin hari akan semakin bervariasi dan semakin banyak pada keyboard tersebut.

7. Pegangan Tangan Pada Bus
Pegangan tangan pada bus berfungsi untuk memberikan kestabilan ketika kita berdiri di dalam bus. Pegangan tersebut tentu telah digunakan oleh banyak orang berbeda-beda. Nah, kemungkinan menjadi sarang kuman yang tersentuh tentu menjadi sangat besar.

Tempat sarang kuman tersebut tentu saja bukan harus dihindari, namun kita harus lebih waspada. Jika bisa dibersihkan maka tak ada salahnya membersihkan. Jika tak memungkinkan maka sebaiknya kita selalu membersihkan tangan dengan mencuci dengan sabun dan dengan cara yang benar. Kuman memang tak terlihat oleh kasat mata sehingga kita harus lebih waspada dalam menyikapinya.

    Artikel Media Kita Lainnya :

    0 comments:

    Post a Comment

    Scroll to top