Ini Penampakan Toilet Canggih Di Jepang

Jepang memang negara yang maju, segala sesuatunya dirancang dengan teknologi yang canggih, bahkan toilet, tempat buang air kecil dan air besar diatur dengan teknologi yang canggih. Toilet di Jepang banyak dilengkapi dengan fitur-fitur yang memberikan kenyamanan kepada penggunanya. Bahkan, ada toilet yang dirancang untuk mampu melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap penggunanya, seperti : menganalisis urine, termasuk kadar gula didalam urine, mengukur tekanan darah, mengukur suhu tubuh dan mengukur berat badan. Semua hasil pengukuran diatas akan ditampilkan pada layar komputer yang menempel pada dinding toilet. Tentu hal ini merupakan hal baru bagi yang belum pernah menggunakannya dan tak sedikit yang dibuat bingung karenanya. Berikut beberapa penampakan toilet canggih di Jepang :

Inilah tampilan toilet Jepang yang paling lazim ditemukan. Kalian dapat menemukan toilet jenis ini di berbagai tempat umum, juga di rumah/apartemen Jepang. Toilet ini memiliki panel kontrol di sisinya dan penghangat tempat duduk yang sangat nyaman saat diduduki, khususnya saat musim dingin. 

Dalam toilet ini terdapat beberapa tambahan fitur, seperti : pengering, pemanas tempat duduk, opsi memijat, pengatur semprotan air, pembuka tutup toilet otomatis, flush otomatis, panel kendali wireless, pemanas ruangan dan pengkondisi udara untuk ruangan. Biasanya panel ini terdapat di samping toilet atau menjadi bagian dari toilet maupun bagian dari tempat duduk toilet. Fitur ini dapat di akses oleh panel kendali yang terkadang bentuk wireless.  

Pada tempat-tempat publik, khususnya di toilet department stores maupun stasiun kereta api, kalian dapat menemukan panel kendali jenis lain. Panel ini disebut “otohime” yang secara harfiah diterjemahkan sebagai “putri suara”. Hanya dengan melambaikan tangan di dekat sensor untuk mengaktifkan suara. Suaranya seperti suara flush biasa yang cukup keras untuk menutupi suara-suara memalukan yang mungkin akan kalian keluarkan saat menggunakan toilet. Suara tersebut akan diputar selama 25 detik dan kalian dapat menekan tombol berhenti untuk menghentikannya kapan saja.

Ini adalah penampakan salah satu pengering tangang yang melengkapi toilet di Jepang. Tangan kalian akan lebih cepat kering dengan pengering tangan jenis ini karena angin akan keluar dari kedua sisi. Tempatkan tangan kalian didalamnya dan tangan akan kering dalam beberapa detik saja.

Banyak toilet di rumah-rumah Jepang memiliki keran di atas tangki air untuk menghemat air. Tangki air digunakan untuk menyiram toilet, tidak diisi secara langsung namun melalui keran di atas tangki, sehingga pengguna dapat mencuci tangan mereka dan mendaur ulang air untuk menyiram toilet. Alatnya diaktifkan oleh ketinggian air di dalam tangki, dan jika ketinggian air berkurang (contoh setelah digunakan untuk menyiram), air akan mengalir untuk mengisi tangki. Terkadang airnya tidak hanya digunakan untuk mencuci namun juga dikombinasikan dengan larutan anti kuman di bagian bawah yang mirip dengan urinal cake (sejenis blok maupun lingkaran untuk menyerap bau/mengharumkan urinal) untuk meningkatkan higienitas.

Toilet yang diciptakan produsen toilet inovatif asal Jepang bernama Toto ini, membuat penggunanya bisa melakukan tes kesehatan instan sambil memenuhi 'panggilan alam'. Toto membuat wadah penampung toilet bisa mengumpulkan contoh urine yang digunakan mengecek kadar gula darah dan temperatur tubuh si pengguna. Toilet itu juga dilengkapi semacam armband untuk memonitor tekanan darah. Nantinya, hasil tes kesehatan akan ditampilkan pada layar komputer yang menempel di dinding dan terhubung dengan toilet. 



sumber 1

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top