Mitos-mitos Seputar Diet

Memiliki tubuh indah dan langsing menjadi impian setiap orang, terutama wanita. Namun, salah melakukan diet akan berakibat tidak baik bagi kesehatan. Diet yang baik adalah dengan mengatur pola makan, mengatur asupan kalori yang masuk atau dan dengan olahraga yang teratur untuk membakar lemak di tubuh. Pola makan yang baik, tidur yang cukup, olahraga yang teratur serta manajemen stress akan membuat hidup lebih baik dan sekaligus merupakan diet alami. Banyak sekali mitos-mitos yang beredar di masyarakat seputar diet. Mitos yang bisa merugikan tubuh Anda jika Anda mempercayai dan melakukannya. Berikut beberapa mitos-mitos seputar diet. 


Mitos 1 : Sarapan pagi bikin gemuk
Mitos ini tentu tidak benar. Sarapan pagi dengan porsi sedang baik bagi kesehatan otak dan sebagai energi di pagi hari. Jika tidak sarapan pagi maka siang harinya Anda akan merasa sangat lapar dan makan lebih banyak dari yang seharusnya. Kelebihan kalori yang masuk akan disimpan dalam bentuk lemak. Lebih baik pilih menu sarapan dengan kadnungan protein dan serat yang tinggi, misalnya telur, gandum dan susu  rendah lemak.

Mitos 2 : Jangan banyak makan makanan berkarbohidrat 

Semua makanan yang mengandung kalori dan bisa disimpan dalam bentuk cadangan tubuh yang berupa lemak akan berpotensi menjadikan seseorang gemuk jika berlebihan. Agar tidak berlebihan maka makanlah makanan berkarbohidrat dengan kandungan serat yang tinggi semisal gandum atau oatmeal.


Mitos 3 : Hindari banyak makan daging selama diet
Daging adalah sumber protein yang baik dan bergizi, asalkan tidak berlebihan mengandung lemak. Daging yang cukup akan membantu program diet anda karena bisa membentuk masa otot sehingga tubuh menjadi ideal.

Mitos 4 : Minuman dingin bisa membuat gemuk
Air dingin atau hangat tidak terlalu memberikan perbedaan yang nyata pada program diet. Air dingin baik pada keadaan tertentu seperti panas dan gerah karena bisa membangkitkan semangat tubuh yang adem dan sejuk. Bahkan ada yang menyatakan bahwa minuman dingin bisa membantu penyerapan makanan menjadi lebih baik.

Mitos 5 : Semua cemilan bikin gemuk
Cemilan boleh-boleh saja asalkan tidak berlebihan dan diatur cemilannya. Hindari cemilan yang tinggi garam dan MSG atau jajanan tepung yang mengandung karbohidrat. Pilih cemilan yang mengandung serat tinggi yang bisa mencegah rasa lapar. Cemilan berupa buah adalah pilihan yang sangat baik.

Mitos 6 : Minum banyak air putih bisa menurunkan berat badan
Minum air putih banyak memang bisa menunda rasa lapar akan tetapi hanya sementara saja. Karena air tidak lama di lambung dan langsung menuju usus halus. Tetap saja jalan utama diet adalah mengatur kalori yang masuk dan keluar.

Mitos 7 : Makan malam bisa bikin gemuk
Makan malam tidak mesti bikin gemuk. Makan malam bisa dengan menu yang diatur dengan baik yaitu banyak mengandung serat dan protein. Walaupun tidak makan malam akan tetapi makan di waktu menjelang malam dengan kalori tinggi juga bisa membuat gemuk.

Nah demikian 7 mitos yang sering kita dengar di masyarakat seputar diet. Semoga sedikit memberikan pencerahan. Diet yang baik tentu tidak menyiksa diri dan tubuh Anda. Jaga kesehatan Anda selalu. Kesehatan investasi masa depan. Semoga bermanfaat. 


Sumber gambar by google.com

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top