Tips Mengatasi Insomnia

Insomnia atau gangguan susah tidur merupakan kelainan yang sangat mengganggu kita untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Insomnia dapat berupa kesulitan untuk tidur atau kesulitan untuk mempertahankan tidur. Menurut situs www.tempo.co.id, dikemukakan bahwa lebih dari seperempat jumlah warga Amerika dilaporkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika tidak memiliki waktu tidur yang cukup. Nampaknya, insomnia menjadi momok bagi sebagian besar orang di dunia ini.

Insomnia dapat mengganggu fokus kerja dan produktivitas kita sehari-hari.  Oleh karena itu, banyak penderita insomnia secara instan mengatasinya dengan mengkonsumsi berbagai jenis obat untuk dapat merasakan tidur dengan tenang. Namun, mengkonsumsi obat tentunya membawa efek samping yang merugikan tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan dan terlalu sering. Solusi lainnya adalah dengan sedikit mengubah pola hidup kita. Kita dapat mengatur asupan yang kita makan atau aktivitas yang biasa kita jalankan. Berikut beberapa tips untuk mengatasi insomnia yang dapat menjadi bahan pertimbangan untuk Anda. 

1. Atur Ruang Tidur
Ruang tidur yang nyaman adalah awal dari persiapan tidur kita. Ruang tidur yang rapi dan wangi akan membuat Anda merasa nyaman. Ciptakan suasana yang tenang, gelap dan suhu kamar yang sesuai dengan kondisi.

2. Jauhkan Gangguan
Jauhkan semua hal yang berpotensi mengganggu. Misalnya antisipasi gangguan nyamuk, gangguan telpon yang tidak diinginkan dan suara-suara berisik yang berpotensi mengganggu.

3. Mandi Air Hangat
Air hangat membuat tubuh lebih rileks sehingga siap untuk beristirahat. Otot-otot yang tegang seharian menjadi lebih lemas dan nyaman untuk kondisi tidur.

4. Hindari Kafein
Kafein menyebabkan insomnia karena mengandung stimulan. Sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein.

5. Hindari Tidur Siang
Tidur siang pada dasarnya dilakukan agar Anda segar saat bekerja di paruh kedua atau jam siang. Namun, bagi penderita insomnia tidur siang membuat malam Anda bertaambah panjang dan susah tidur. Jadi hindari tidur siang untuk tidur malam Anda yang nyenyak.

6. Lakukan Hal Monoton
Membaca merupakan salah satu hal monoton yang dapat memicu Anda untuk tidur. Jika Anda tidak suka membaca maka lakukan hal monoton yang Anda sukai. Lakukan kegiatan itu berulang hingga bosan. Selain itu, Anda juga dapat melakukan aktivitas menghitung sambil memejamkan mata. Ini efektif untuk membuat Anda tidur.

7. Hilangkan Kecemasan
Perasaan cemas, takut, permasalahan sebaiknya dihilangkan menjelang tidur. Manajemen stres Anda sesuai pada waktunya. Ketika Anda bersentuhan dengan kasur maka inilah waktu santai Anda. Nyamankan kondisi perasaan Anda.

8. Terapi Refleksi
Adakalanya tubuh Anda menginginkan pijatan atau terapi refleksi. Hal ini membuat tubuh Anda lebih rileks dan nyaman. Selain itu, ini juga akan membuat Anda sehat dan segar setelah bangun tidur.



Sumber gambar by google.com

Artikel Media Kita Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top