12 Tempat Wisata Horor di Indonesia

Bagi Anda pecinta horor, mengunjungi tempat wisata bernuansa horor memiliki keunikan dan sensasi tersendiri. Pemandangan yang indah, sejarah yang terkandung dibalut dengan nuansa mistis didalamnya membuat liburan Anda semakin bermakna. Indonesia memiliki beragam tempat wisata yang menarik, khususnya tempat wisata horor. Berikut beberapa profil sebagian tempat wisata horor di Indonesia.

1. Lawang Sewu, Semarang
Lawang sewu dibangun pada tahun 1904 pada zaman kolonial Belanda. Bangunan ini memiliki catatan sejarah ketika terjadi pecah perang lima hari di Semarang pada tahun 1945. Bangunan ini dahulu pernah digunakan sebagai Kantor Kereta Api Indonesia, Kantor Badan Prasarana Kodam IV Diiponeogro dan Kantor Wilayah Kementrian Perhubungan. Lawang sewu memiliki 2 lantai dan 1 lantai bawah tanah. Nuansa mistis sangat kental terasa ketika Anda memasuki gedung ini. Kabarnya banyak penampakan noni-noni Belanda yang cukup menyeramkan di lokasi ini. Sensasi mistis ini akan bertambah ketika Anda berkunjung ke lorong bawah tanah yang dahulu digunakan sebagai penjara yang sangat sadis. Jika Anda memiliki nyali yang tinggi maka berkunjunglah pada waktu dini hari untuk mengelilingi dan menikmati sensasi horor lawang sewu. 

2. Goa Jepang di Lembang, Bandung
Goa Jepang dahulunya digunakan sebagai pertahanan dari pasukan Jepang. Kesan mistis akan Anda temui ketika memasuki areal goa. Konon akan terdengar suara jeritan atau rintihan di dalam goa. Jika Anda sedang beruntung maka Anda juga dapat menjumpai penampakan-penampakan di dalam goa. Dahulu goa ini memang digunakan sebagai penjara dan tempat penyiksaan bagi romusha. 

3. Gunung Lawu
Gunung lawu terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung lawu memiliki keindahan yang sangat menakjubkan. Selain menakjubkan, tersimpan banyak misteri dalam keindahan gunung lawu. Salah satunya adalah pasar setan. Disebut pasar setan karena memang tidak terlihat oleh mata namun hanya terdengar suara keramaian seperti pasar. Selain itu, ada tempat sakral disekitar Gunung Lawu terutama petilasan-petilasan Raden Brawijaya seperti Pertapaan Raden Brawijaya, dan Cengkup (rumah kecil yang ditengah-tengahnya terdapat kuburan). Konon nisan yang ada di Cengkup itu adalah Petilasan Prabu Brawijaya, bekas Raja Majapahit yang lebih dikenal dengan sebutan Sunan Lawu. Anda ingin menikmati panorama menakjubkan sekaligus wisata horor, inilah tempatnya.

4. Kawasan Pantai Selatan Pulau Jawa
Pantai selatan dikenal dengan pantai yang berombak besar. Pantai selatan juga selalu dikaitkan dengan sosok misteri Ratu Pantai Selatan alias Nyi Roro Kidul. Kesan misteri inilah yang menjadikan pantai selatan banyak dikunjungi wisatawan. Selain menikmati keindahan pantainya, pengunjung juga disuguhi nuansa-nuansa mistis seperti larangan-larangan seperti memakai baju hijau, tidak berkata kasar, menjaga kebersihan, dan tidak ke pantai saat malam hari atau maghrib tiba. Cerita horor akan semakin terasa jika Anda pernah menyaksikan berbagai film horor tentang pantai selatan.

5. Alas Purwo, Jawa Timur
Alas Purwo sebenarnya adalah kawasan wisata cantik yang ditumbuhi hamparan pegunungan hijau, hutan, gua dan pantai yang menggoda. Namun ternyata di balik keindahan itu tersimpan cerita mistis yang pasti membuat bulu kuduk merinding. Konon, Alas Purwo dihuni oleh sebuah kerajaan jin. Ada banyak mahluk halus dan siluman di tempat ini. Disarankan bagi Anda yang ingin ke Alas Purwo, untuk menjaga mulut untuk tidak berkata jorok, tidak berpikir negatif, menaati peraturan dari warga setempat, dan jangan merusak alam. Menurut dukun atau orang pintar, Alas Purwo adalah pusat dari kerajaan makhluk halus di Banyuwangi hingga Situbondo.

6. Gunung Merapi, Jawa Tengah
Gunung Merapi yang berada di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Banyak terjadi fenomena gaib yang sulit dijelaskan dengan ilmu pengetahuan sering terjadi di gunung ini. Salah satu kejadian aneh yang kerap ditemukan pendaki adalah pasar gubrah atau pasar gaib yang dipercaya sebagai pasarnya makhluk halus. Pasar ini terlihat seperti pasar biasa namun muncul di tengah-tengah gunung pada tengah malam. Di pagi hari, sisa-sisa pasar benar-benar hilang dan tak berbekas sama sekali.

7. Museum Fatahillah, Jakarta
Museum Fatahillah di Kota Tua menarik untuk dijadikan lokasi wisata sejarah dan wisata horor. Ada beberapa tempat yang kata banyak orang mencekam dan mistis. Salah satunya adalah penjara bawah tanah yang terkenal sebagai tempat menghukum para pribumi. Kabarnya, mereka ditawan dengan cara yang sadis dan banyak para tahanan yang mati di penjara bawah tanah. Tak heran, bagi sebagian orang yang datang ke Museum fatahillah pada malam hari, akan mendengar suara rintihan dan jeritan. Museum ini juga memiliki ruangan-ruangan rahasia dan menambah misteri serta mistis yang tersembunyi.

8. Taman Kota Langsat Mayestik, Jakarta
Taman Kota Langsat Mayestik adalah sebuah taman kota yang nyaman dengan fasilitas olahraga yang dapat digunakan oleh para pengunjung. Pepohonan rindang di taman memberikan kesan yang asri. Namun tidak banyak warga yang datang ke sini sehingga menimbulkan kesan sepi dan angker. Kabarnya, warga sering melihat kuntilanak di pepohonan taman ini. Konon di taman horor ini juga sering tercium bau aneh dan suara tawa dari sumber yang tidak jelas.

9. Museum Taman Prasasti, Jakarta
Museum Taman Prasasti adalah sebuah museum yang menyimpan berbagai nisan kuno. Selain itu ada banyak makam dan patung tersimpan di dalamnya. Kebanyakan patung tersebut berbentuk seperti malaikat. Sebelum menjadi museum, Taman Prasasti merupakan pemakaman umum bernama Kebun Jahe Kober. Pada tahun 1977 makam ini dialih fungsikan menjadi museum. Suasana di museum ini sangat sepi. Anda bisa datang ke museum ini pada sore hari, jika Anda ingin menikmati sensasi horor didalamnya.

10. Lubang Buaya, Jakarta
Lubang Buaya adalah peninggalan pada masa kekejaman PKI. Terletak di daerah Lubang Buaya di kawasan Pondok Gede, Jakarta. Sudah banyak yang mengerti kalau tempat ini menjadi tempat pembuangan para korban PKI. Seperti dari banyak kesaksian dari tempat ini jika malam hari ada suatu rintihan yang menjerit-jerit.

11. Pulau Kumala, Kalimantan Timur
Pulau Kumala merupakan sebuah kawasan di delta Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Pulau Kumala dulunya berupa dataran kosong yang tertutup semak belukar, namun kini pulau tersebut telah berkembang menjadi kawasan wisata yang cukup populer. Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Pulau Kumala ternyata tak banyak mengubah suasana misterius di kawasan tersebut. Penampakan makhluk-makhluk misterius dalam bentuk genderuwo atau sosok wanita yang tiba-tiba menghilang dikabarkan kerap terjadi di Pulau Kumala.

12. Goa Kontilola, Papua
Kontilola adalah goa yang horizontal yang berada di Provinsi Papua terletak pada Kota Wamena. Untuk bisa masuk ke dalam goa Anda harus membawa sebuah senter, helm, sepatu boots dan beberapa pengaman lainnya. Didalamnya terdapat aula utama dengan pemandangan sangat misterius. Pemandangan yang sangat aneh berada di dinding aula tersebut dengan lebar lukisan sepanjang 3 meter. Di dalam lukisan tersebut terdapat suatu gambar orang yang memiliki wujud yang tidak beraturan. Pengunjung akan mengira gambar tersebut adalah gambar alien. Hingga saat ini masih belum diketahui apa gambar tersebut, namun satu yang pasti adalah gambar tersebut berasal dari para leluhur.


Sumber gambar by google.com

Artikel Media Kita Lainnya :

1 comments:

  1. Ternyata Tempat Wisata Horor Indonesia nggak kalah horor juga ya dibanding negara luar.
    Ada nyimpan nomor kontak jasa travel nya juga nggak min ?

    ReplyDelete

Scroll to top