Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Beberapa kandungan gizi pada buah mangga, yaitu:

Vitamin C 27,7 mg (46%),
Diet serat 1,8 g, Lemak 0,27 g,
Kalium 156 mg (3%),
Vitamin B6 0,134 mg (10%),
Protein 0,51 g,
Seng 0,04 mg (0%).
Vitamin A equiv. 38 mg (4%),
Beta-karoten 445 mg (4%),
Thiamine (Vit. B1) 0.058 mg (4%),
Riboflavin (Vit. B2) 0,057 mg (4%),
Niacin (Vit. B3) 0,584 mg (4%),
Asam pantotenat (B5) 0,160 mg (3%),
Karbohidrat 17,00 g,
Folat (Vit. B9) 14 mg (4%),
Kalsium 10 mg (1%),
Besi 0,13 mg (1%),
Magnesium 9 mg (2%),
Gula 14,8 g,
Fosfor 11 mg (2%),

Mangga adalah buah yang banyak sekali ditemui selama Bulan September hingga Desember. Buah mangga merupakan buah yang telah familiar selama puluhan tahun bagi masyarakat Indonesia. Buah mangga menyimpan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Cara mengkonsumsi buah mangga pun dapat dilakukan dengan beranekaragam cara. Mulai dari dimakan langsung, dibuat asinan, di jus, atau sebagai bahan campuran es buah atau digunakan sebagai masker kecantikan. Berikut beberapa manfaat buah mangga bagi kesehatan dan kecantikan.

1. Menjaga Kerja Organ Tubuh
Vitamin A dan C yang terkandung dalam buah ini merupakan sumber kalium yang membantu tekanan darah, kontraksi otot dan menjaga proses organ tubuh Anda bekerja dengan benar.

2. Mengobati Anemia
Buah mangga mengandung zat besi yang tinggi yang sangat bermanfaat bagi orang-orang yang memiliki anemia dan juga baik bagi ibu yang sedang hamil. 

3. Memelihara Kesehatan Mata
Vitamin A yang terkandung dalam buah mangga bermanfaat untuk mencegah mata kering dan menjaga kejernihan mata. Riset menunjukkan bahwa mangga berkhasiat untuk mencegah berbagai penyakit mata seperti rabun ayam. pelunakan kornea, kekeringan pada mata, gatal-gatal pada mata dan masih banyak lagi.

4. Memperlancar Proses Pencernaan
Mangga memiliki enzim yang dapat membantu pemecahan protein sehingga dapat membantu proses pencernaan dan sekresi. Selain itu, terdapat enzim yang dapat menenangkan perut dengan mencegah keasaman dan sembelit. 

5. Menjaga Kadar Insulin 
Mangga mengandung indeks glikemik yang relatif rendah (41-60) sehingga dapat membantu kadar insulin tetap normal. Mengkonsumsi mangga aman bagi penderita diabetes.

6. Membantu Mencegah Sembelit
Mangga memiliki serat yang tinggi sehingga dapat membantu mencegah sembelit. Serat juga mencegah kanker usus, darah tinggi dan kolesterol. 

7. Mencegah serangan kanker
Mangga memiliki kandungan senyawa anti-oksidan seperti astragalin, asam galat, quercetin, methygallat, fisetin dan isoquercitrin berkhasiat untuk mencegah penyakit kanker usus berat, leukemia dan prostat.

8. Meningkatkan Sistem Imun (Kekebalan) Tubuh
Kandungan vitamin A, vitamin C dan kadar karotenoid pada buah mangga berkhasiat meningkatkan sistem imun tubuh.

9. Menurunkan Panas Dalam
Jus mangga dapat digunakan untuk mendinginkan tubuh, terutama ketika cuaca panas dan keadaan letih. Panas menyebabkan ginjal mengalami kelebihan beban dalam menetralkan racun sehingga mengkonsumsi jus mangga menjadi solusi yang aman. 

10. Meningkatkan Memori Otak
Mangga mengandung glutamin yang bermanfaat untuk meningkatkan memori otak. 

11. Meningkatkan Gairah Seksual
Kandungan vitamin E dalam sebuah mangga dapat meningkatkan dorongan seks. Mangga mengandung afrodisiak yang berfungsi meningkatkan libido atau gairah bercinta.

12. Menambah Berat Badan
Mengkonsumsi mangga dengan tambahan susu dapat membantu meningkatkan berat badan. Mangga kaya akan zat gula yang baik bagi tubuh.

13. Membersihkan Wajah dan Menjadikan Kulit Lembut Bersinar
Cara pemakaiannya dapat dikonsumsi atau juga bisa dengan cara penggunaan luar. Mengkonsumsi mangga secara teratur membuat warna kulit terlihat lebih merata, lembut dan lebih bersinar. Vitamin C  membantu pembentukan kolagen, yang membuat kulit lebih sehat. Phenol dan enzim dalam mangga baik untuk kecantikan kulit dan rambut, karena mangga mengandung vit B-3 dan B-komplek yg sangat berguna untuk rambut.
Cara penggunaan luar :
Oleskan kulit mangga ke wajah selama kurang lebih 10 menit untuk mengeluarkan kotoran dari pori-pori yang tersumbat di kulit sehingga mengurangi jerawat atau dapat juga dijadikan masker dengan cara :
  • Potong dua daging mangga lalu setengah dari potongan tersebut dihaluskan dengan blender.
  • Tambahkan dua sendok makan bubuk oatmeal dan dua sendok makan whipped cream
  • Aduk bahan secara merata sehingga terlihat seperti pasta dengan butiran yang agak kasar.
  • Masukkan campuran tersebut ke dalam kulkas, selama 10 menit.
  • Aplikasikan masker ke seluruh wajah dan leher.
  • Diamkan selama 15 sampai 20 menit.
  • Lalu  Bilas wajah dan leher menggunakan air hangat.

 

sumber gambar by google.com

Artikel Media Kita Lainnya :

3 comments:

  1. wahh kirain cuma sumber vitamin c aja, ternyata bisa meningkatkan memori otak juga. Baru update tentang mangga nih, kebetulan didepan rumah saya ada pohon mangga, pas nih hehe

    ReplyDelete
  2. sip gan... emg mangga banyak khasiatnya...

    ReplyDelete

Scroll to top